PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 106811 BANDAR SETIA

SIREGAR, INDAH AMALIYAH (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 106811 BANDAR SETIA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111091_Cover.pdf] Text
1203111091_Cover.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of 1203111091_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111091_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1203111091_Abstrak.pdf] Text
1203111091_Abstrak.pdf

Download (185kB)
[thumbnail of 1203111091_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111091_Kata_Pengantar.pdf

Download (256kB)
[thumbnail of 1203111091_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111091_Daftar_Isi.pdf

Download (245kB)
[thumbnail of 1203111091_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111091_Daftar_Gambar.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of 1203111091_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111091_Daftar_Tabel.pdf

Download (95kB)
[thumbnail of 1203111091_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111091_Daftar_Lampiran.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of 1203111091_BAB_I.pdf] Text
1203111091_BAB_I.pdf

Download (426kB)
[thumbnail of 1203111091_BAB_V.pdf] Text
1203111091_BAB_V.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of 1203111091_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111091_Daftar_Pustaka.pdf

Download (308kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran pop-up book untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) menggunakan model ADDIE yaitu Analisis (Analysis), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di SDN 106811 Bandar Setia, subjek dalam penelitian ini adalah validator materi, media, praktisi pendidikan yaitu guru dan peserta didik kelas VB di SD 106811. Teknik pengumpulan data dalam penelitian berupa wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan berupa analisis data kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh validasi oleh ahli materi memperoleh 90% dengan kategori “Sangat Layak”, validasi oleh ahli media memperoleh 91,6% dengan kategori “Sangat Layak”, hasil uji praktikalitas oleh ahli praktisi Pendidikan yaitu angket respon guru memperoleh 94% dengan kategori “Sangat Praktis” dan angket respon siswa memperoleh 90% dengan kategori “Sangat Praktis”. Hasil efektivitas media memperoleh nilai N-Gain sebesar 73,2 dengan kategori “Cukup Efektif”. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran pop-up book layak, praktis, dan efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 106811 Bandar Setia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan, Pop-up book, Hasil Belajar, Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 02 Jul 2025 06:55
Last Modified: 02 Jul 2025 06:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60686

Actions (login required)

View Item
View Item