Hutasoit, Ayisah Alvrida (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 GAROGA. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4203121030_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203121030_Cover.pdf
Download (62kB)
![[thumbnail of 4203121030_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203121030_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (371kB)
![[thumbnail of 4203121030_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203121030_Abstrak.pdf
Download (255kB)
![[thumbnail of 4203121030_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203121030_Kata_Pengantar.pdf
Download (119kB)
![[thumbnail of 4203121030_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203121030_Daftar_Isi.pdf
Download (79kB)
![[thumbnail of 4203121030_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203121030_BAB_I.pdf
Download (301kB)
![[thumbnail of 4203121030_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203121030_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (397kB)
![[thumbnail of 4203121030_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203121030_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (248kB)
![[thumbnail of 4203121030_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203121030_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (232kB)
![[thumbnail of 4203121030_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203121030_BAB_V.pdf
Download (84kB)
![[thumbnail of 4203121030_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203121030_Daftar_Pustaka.pdf
Download (227kB)
![[thumbnail of 4203121030_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203121030_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa di kelas XI SMA Negeri 1 Garoga. Metode penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan desain penelitian two group (pretest-posttest) design. Pengambilan sampel ditentukan dengan teknik cluster random sampling, kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran model pembelajaran inkuiri terbimbing dan XI MIA 2 sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran langsung. Instrumen yang digunakan adalah tes essai yang terdiri dari 10 soal dan aktivitas siswa dengan menggunakan lembar observasi. Data dianalisis dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji-t). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata- rata pretes kelas eksperimen adalah 30,31 dengan standar deviasi 6,16 dan nilai rata- rata pretes kelas kontrol adalah 29,58 dengan standar deviasi 6,18. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, diperoleh rata-rata nilai keseluruhan aktivitas belajar pada kelas eksperimen adalah 75,49 yang termasuk dalam kriteria aktif. Posttest dengan hasil rata-rata kelas ekperimen 67,67 dengan standar deviasi 8,09 dan kelas kontrol 53,25 dengan standar deviasi 8,34. Berdasarkan hasil uji t diperoleh �ℎ�����=6,08 dan ������=1,67 sehingga �ℎ�����> ������ maka Ha diterima. Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi gelombang bunyi di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Garoga T.Α. 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 534.071 2 Hut p |
Keywords: | Model pembelajaran; Inkuiri terbimbing; Gelombang bunyi; Aktivitas belajar; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 04:02 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 04:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60685 |