PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 GAROGA

Hutasoit, Ayisah Alvrida (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 GAROGA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203121030_Cover.pdf] Text
4203121030_Cover.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 4203121030_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203121030_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (371kB)
[thumbnail of 4203121030_Abstrak.pdf] Text
4203121030_Abstrak.pdf

Download (255kB)
[thumbnail of 4203121030_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203121030_Kata_Pengantar.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of 4203121030_Daftar_Isi.pdf] Text
4203121030_Daftar_Isi.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of 4203121030_BAB_I.pdf] Text
4203121030_BAB_I.pdf

Download (301kB)
[thumbnail of 4203121030_BAB_II.pdf] Text
4203121030_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB)
[thumbnail of 4203121030_BAB_III.pdf] Text
4203121030_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[thumbnail of 4203121030_BAB_IV.pdf] Text
4203121030_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[thumbnail of 4203121030_BAB_V.pdf] Text
4203121030_BAB_V.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of 4203121030_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203121030_Daftar_Pustaka.pdf

Download (227kB)
[thumbnail of 4203121030_Lampiran.pdf] Text
4203121030_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa di kelas XI SMA Negeri 1 Garoga. Metode penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan desain penelitian two group (pretest-posttest) design. Pengambilan sampel ditentukan dengan teknik cluster random sampling, kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran model pembelajaran inkuiri terbimbing dan XI MIA 2 sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran langsung. Instrumen yang digunakan adalah tes essai yang terdiri dari 10 soal dan aktivitas siswa dengan menggunakan lembar observasi. Data dianalisis dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji-t). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata- rata pretes kelas eksperimen adalah 30,31 dengan standar deviasi 6,16 dan nilai rata- rata pretes kelas kontrol adalah 29,58 dengan standar deviasi 6,18. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, diperoleh rata-rata nilai keseluruhan aktivitas belajar pada kelas eksperimen adalah 75,49 yang termasuk dalam kriteria aktif. Posttest dengan hasil rata-rata kelas ekperimen 67,67 dengan standar deviasi 8,09 dan kelas kontrol 53,25 dengan standar deviasi 8,34. Berdasarkan hasil uji t diperoleh �ℎ�����=6,08 dan ������=1,67 sehingga �ℎ�����> ������ maka Ha diterima. Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi gelombang bunyi di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Garoga T.Α. 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 534.071 2 Hut p
Keywords: Model pembelajaran; Inkuiri terbimbing; Gelombang bunyi; Aktivitas belajar; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 23 Jun 2025 04:02
Last Modified: 23 Jun 2025 04:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60685

Actions (login required)

View Item
View Item