PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM MATERI TEKS PROSEDUR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 1 TURPUK LIMBONG

NAIBAHO, HOTMAULI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM MATERI TEKS PROSEDUR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 1 TURPUK LIMBONG. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1202111011_Cover.pdf] Text
1202111011_Cover.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of 1202111011_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1202111011_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1202111011_Abstrak.pdf] Text
1202111011_Abstrak.pdf

Download (172kB)
[thumbnail of 1202111011_Kata_Pengantar.pdf] Text
1202111011_Kata_Pengantar.pdf

Download (280kB)
[thumbnail of 1202111011_Daftar_Isi.pdf] Text
1202111011_Daftar_Isi.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of 1202111011_Daftar_Gambar.pdf] Text
1202111011_Daftar_Gambar.pdf

Download (56kB)
[thumbnail of 1202111011_Daftar_Tabel.pdf] Text
1202111011_Daftar_Tabel.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of 1202111011_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1202111011_Daftar_Lampiran.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of 1202111011_BAB_I.pdf] Text
1202111011_BAB_I.pdf

Download (353kB)
[thumbnail of 1202111011_BAB_V.pdf] Text
1202111011_BAB_V.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of 1202111011_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1202111011_Daftar_Pustaka.pdf

Download (200kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaan flipped classroom materi teks prosedur terhadap hasil belajar kelas V SDN 1 Turpuk Limbong. Penelitian ini menggunakan metode Pre-Eksperimental dengan one group pretest – posttest Design. Teknik pengumpulan data dilakukan dilakukan dengan observasi, tes, dokumentasi. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini dalam penelitian ini yaitu kelas V yang berjumlah 22 orang. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data data dalam penelitian ini adalah hasil tes belajar siswa yang berbentuk pilihan ganda sebanyak 25 soal. Teknik analisi data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji hipotesis yaitu uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbandingan nilai rata-rata pretest sebesar 55,00 dan nilai posttest sebesar 81,18. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang dilakukan dengan signifikan α = 0,05 maka diperoleh ttabel sebesar 1,717. Sehingga kriteria penarikan kesimpulan yaitu thitung > ttabel = 2,641>1,717. Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dengan pernyataan terdapat pengaruh dari penggunaan model pembelajaran Flipped classroom materi teks prosedur terhadap hasil belajar kelas V SDN 1 Turpuk Limbong.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Flipped Classroom, Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 02 Jul 2025 06:59
Last Modified: 02 Jul 2025 06:59
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60673

Actions (login required)

View Item
View Item