Sinaga, Rayani (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI PAUD CERIA DESA KUTA PINANG KABUPATEN SERDANG BEDAGAI TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01.Cover.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
02.Lembar Persetujuan.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
03.Abstrak.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
04.Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
05.Ucapan Terima kasih.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
06.Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
07.Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
08.Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
09.Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
10.BAB I.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
14.BAB V.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
15.Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini yaitu kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun dalam mengenal bentuk-bentuk geometri masih rendah karena kurangnya kegiatan yang dapat merangsang daya pikir secara interaktif di PAUD Ceria Desa Kuta Pinang Kabupaten Serdang Bedagai Tahun Ajaran 2015/2016. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 4-5 melalui metode bermain demonstrasi.
Kemampuan Kognitif menurut Cavanagh (dalam Agustin dan Muslihuddin 2008:11) “Koginitif merupakan bagian intelegensi yang merujuk pada penerimaan, pemikiran, pengingatan, pengkhayalan, pengambilan keputusan, dan penalaran”. Metode demonstrasi menurut Sumantri (dalam Roestiyah 2008:82) adalah “cara penyajian pelajaran dengan memperagakan atau mempertunjukkan kepada peserta didik suatu proses, situasi atau benda tertentu yang sedang dipelajari baik dalam bentuk sebenarnya maupun dalam bentuk tiruan yang dipertunjukkan oleh guru dan kemudian diikuti oleh anak”.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah anak usia 4-5 tahun (kelompok A) berjumlah 15 orang. Objek penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan kognitif anak mengenal bentuk-bentuk geometri dengan menggunakan metode demonstrasi . Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian membuktikan adanya peningkatan kemampuan kognitif anak dalam mengenal bentuk-bentuk geometri melalui metode demonstras anak secara keseluruhan pada tiap siklusnya yaitu Siklus I dalam dua kali pertemuan meningkat sebesar 6,67% yaitu dari 58,89 % menjadi 65,56%, dan pada akhir Siklus II kemampuan rata-rata seluruh anak sudah mencapai mencapai 84,44%, dimana tingkat kemampuan ini sudah memenuhi indikator keberhasilan yang ditetapkan peneliti yaitu ≥84%. Disimpulkan bahwa metode demonstrasi meningkatkan kemampuan kognitif danak usia 4-5 tahun dalam mengenal bentuk-bentuk geometri di PAUD Ceria Desa Kuta Pinang Kabupaten Serdang Bedagai Tahun Ajaran 2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PLS 017 |
Keywords: | Geometri; PAUD; Metode Demontarsi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Jul 2016 01:52 |
Last Modified: | 14 Jul 2016 01:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6063 |