PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL BERUPA POSTER TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS V SDN 064024 JL.PRONA I KEC. MEDAN SELAYANG

Nur Afni, Hermaliana (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL BERUPA POSTER TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS V SDN 064024 JL.PRONA I KEC. MEDAN SELAYANG. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111083_Cover.pdf] Text
1203111083_Cover.pdf

Download (37kB)
[thumbnail of 1203111083_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111083_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (485kB)
[thumbnail of 1203111083_Abstrak.pdf] Text
1203111083_Abstrak.pdf

Download (264kB)
[thumbnail of 1203111083_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111083_Kata_Pengantar.pdf

Download (565kB)
[thumbnail of 1203111083_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111083_Daftar_Isi.pdf

Download (602kB)
[thumbnail of 1203111083_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111083_Daftar_Gambar.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of 1203111083_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111083_Daftar_Tabel.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of 1203111083_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111083_Daftar_Lampiran.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of 1203111083_BAB_I.pdf] Text
1203111083_BAB_I.pdf

Download (585kB)
[thumbnail of 1203111083_BAB_V.pdf] Text
1203111083_BAB_V.pdf

Download (404kB)
[thumbnail of 1203111083_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111083_Daftar_Pustaka.pdf

Download (379kB)

Abstract

Pembelajaran menulis karangan teks deskripsi di kelas V A SDN 064024 JL.
Prona I yang belum efektif mengakibatkan keterampilan menulis deskripsi
belum optimal. Pembelajaran menulis karangan deskripsi yang dilakukan guru
sering menggunakan penugasan langsung dengan media teks bacaan. Oleh
karena itu, guru perlu memanfaatkan media pembelajaran untuk membantu
pembelajaran menjadi inovatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh media pembelajaran visual berupa poster terhadap kemampuan
menulis karangan teks deskripsi siswa kelas V A SDN 064024 JL. Prona I. Jenis
penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode penelitian pre
eksperimental dengan desain one group pretest-posttest. Sampel dalam penelitian
ini adalah siswa kelas V A sebanyak 20 orang. Hasil analisis statistik inferensial
menggunakan rumus uji t, diketahui bahwa nilai thitung = 5,823 dan ttabel =
2,093, dengan hasil tersebut dapat dibandingkan kedua nilainya sehingga
diperoleh Thitung > Ttabel yaitu 5.823 > 2,093. Berdasarkan hasil dapat diambil
kesimpulan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang menyatakan bahwa terdapat
pengaruh signifikan dari media pembelajaran visual berupa poster terhadap
kemampuan menulis karangan teks deskripsi siswa kelas V SDN 064024 Medan
Selayang daripada sebelum menggunakan media gambar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Pembelajaran Visual Poster, Keterampilan Menulis, Deskripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 02 Jul 2025 07:01
Last Modified: 02 Jul 2025 07:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60629

Actions (login required)

View Item
View Item