Nur Afni, Hermaliana (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL BERUPA POSTER TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS V SDN 064024 JL.PRONA I KEC. MEDAN SELAYANG. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1203111083_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111083_Cover.pdf
Download (37kB)
![[thumbnail of 1203111083_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111083_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (485kB)
![[thumbnail of 1203111083_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111083_Abstrak.pdf
Download (264kB)
![[thumbnail of 1203111083_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111083_Kata_Pengantar.pdf
Download (565kB)
![[thumbnail of 1203111083_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111083_Daftar_Isi.pdf
Download (602kB)
![[thumbnail of 1203111083_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111083_Daftar_Gambar.pdf
Download (236kB)
![[thumbnail of 1203111083_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111083_Daftar_Tabel.pdf
Download (237kB)
![[thumbnail of 1203111083_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111083_Daftar_Lampiran.pdf
Download (238kB)
![[thumbnail of 1203111083_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111083_BAB_I.pdf
Download (585kB)
![[thumbnail of 1203111083_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111083_BAB_V.pdf
Download (404kB)
![[thumbnail of 1203111083_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111083_Daftar_Pustaka.pdf
Download (379kB)
Abstract
Pembelajaran menulis karangan teks deskripsi di kelas V A SDN 064024 JL.
Prona I yang belum efektif mengakibatkan keterampilan menulis deskripsi
belum optimal. Pembelajaran menulis karangan deskripsi yang dilakukan guru
sering menggunakan penugasan langsung dengan media teks bacaan. Oleh
karena itu, guru perlu memanfaatkan media pembelajaran untuk membantu
pembelajaran menjadi inovatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh media pembelajaran visual berupa poster terhadap kemampuan
menulis karangan teks deskripsi siswa kelas V A SDN 064024 JL. Prona I. Jenis
penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode penelitian pre
eksperimental dengan desain one group pretest-posttest. Sampel dalam penelitian
ini adalah siswa kelas V A sebanyak 20 orang. Hasil analisis statistik inferensial
menggunakan rumus uji t, diketahui bahwa nilai thitung = 5,823 dan ttabel =
2,093, dengan hasil tersebut dapat dibandingkan kedua nilainya sehingga
diperoleh Thitung > Ttabel yaitu 5.823 > 2,093. Berdasarkan hasil dapat diambil
kesimpulan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang menyatakan bahwa terdapat
pengaruh signifikan dari media pembelajaran visual berupa poster terhadap
kemampuan menulis karangan teks deskripsi siswa kelas V SDN 064024 Medan
Selayang daripada sebelum menggunakan media gambar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran Visual Poster, Keterampilan Menulis, Deskripsi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 07:01 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 07:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60629 |