Khair, Aji Ibnu (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMA SWASTA HARAPAN PAYA BAKUNG. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4203121071_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203121071_Cover.pdf
Download (259kB)
![[thumbnail of 4203121071_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203121071_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (451kB)
![[thumbnail of 4203121071_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203121071_Abstrak.pdf
Download (508kB)
![[thumbnail of 4203121071_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203121071_Kata_Pengantar.pdf
Download (411kB)
![[thumbnail of 4203121071_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203121071_Daftar_Isi.pdf
Download (327kB)
![[thumbnail of 4203121071_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203121071_BAB_I.pdf
Download (536kB)
![[thumbnail of 4203121071_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203121071_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (593kB)
![[thumbnail of 4203121071_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203121071_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (864kB)
![[thumbnail of 4203121071_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203121071_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (542kB)
![[thumbnail of 4203121071_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203121071_BAB_V.pdf
Download (434kB)
![[thumbnail of 4203121071_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203121071_Daftar_Pustaka.pdf
Download (483kB)
![[thumbnail of 4203121071_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203121071_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap pemecahan masalah siswa adalah untuk menganalisis pengaruh dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan model pembelajaran problem based learning dalam materi suhu dan kalor pada kelas XI semester 2 di SMA Swasta Harapan Paya Bakung. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain pretest dan posttest control group, populasi penelitian adalah semua kelas XI di SMA Swasta Harapan Paya Bakung. Sampel yang digunakan adalah cluster random sampling, terdiri 27 siswa dari kelas XI-1 sebagai kelas eksperimen dan 24 siswa dari kelas XI-3 sebagai kelas kontrol. Solusi untuk menyelesaikan masalah dalam penelitian ini adalah kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning dan kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes kemampuan pemecahan masalah siswa. Uji normalitas, homogenitas, dan hipotesis data awal dan akhir menggunakan Microsoft excel. Data awal penelitian diperoleh rata-rata prestest kelas eksperimen 36,85 dan kelas kontrol 32,08, uji hipotesis awal berdistribusi normal Lhitung < Ltabel (0,1527 < 0,1808) untuk kelas kontrol dan (0,0804 < 0,1705) untuk kelas eksperimen, uji data awal homogen (1,731 < 1,988). Uji hipotesis awal kedua kelompok menggunakan Microsoft excel didapatkan nilai signifikasi = 0,05 dengan -ttabel < thitung < ttabel (-2,011 < 1,67 < 2,011), berarti H0 diterima dan Ha ditolak. Hal ini menunjukan kemampuan awal kedua kelas sama. Setelah itu diakhir pembelajaran diberikan posttest dan didapatkan nilai rata-rata di kelas eksperimen 82,40 dan dikelas kontrol 74,58. Uji data akhir normal pada kelas kontrol (0,1403 < 0,1808) dan pada kelas eksperimen (0,1128 < 0,1705). Uji data akhir homogen (1,640 < 1,988). Uji hipotesis akhir menunjukkan bahwa distribusi t untuk α = 0,05 maka ttabel = 1,675 dengan membandingkan thitung dan ttabel maka thitung > ttabel (2,86 > 1,675), mengindikasikan bahwa hipotesis Ha diterima. Hasil Uji n-gain menunjukkan diperoleh pada peningkatan pemecahan masalah siswa di dalam menjawab soal pada kelas kontrol sebesar 62%, sedangkan pada kelas eksperimen memperoleh hasil sebesar 73% kesimpulannya adalah bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning memiliki pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 536.071 2 Kha p |
Keywords: | Problem based learning; Pemecahan masalah; Suhu; Kalor |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC251 Heat |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 19 Jun 2025 05:41 |
Last Modified: | 19 Jun 2025 05:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60617 |