PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMA SWASTA HARAPAN PAYA BAKUNG

Khair, Aji Ibnu (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMA SWASTA HARAPAN PAYA BAKUNG. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203121071_Cover.pdf] Text
4203121071_Cover.pdf

Download (259kB)
[thumbnail of 4203121071_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203121071_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (451kB)
[thumbnail of 4203121071_Abstrak.pdf] Text
4203121071_Abstrak.pdf

Download (508kB)
[thumbnail of 4203121071_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203121071_Kata_Pengantar.pdf

Download (411kB)
[thumbnail of 4203121071_Daftar_Isi.pdf] Text
4203121071_Daftar_Isi.pdf

Download (327kB)
[thumbnail of 4203121071_BAB_I.pdf] Text
4203121071_BAB_I.pdf

Download (536kB)
[thumbnail of 4203121071_BAB_II.pdf] Text
4203121071_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (593kB)
[thumbnail of 4203121071_BAB_III.pdf] Text
4203121071_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (864kB)
[thumbnail of 4203121071_BAB_IV.pdf] Text
4203121071_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (542kB)
[thumbnail of 4203121071_BAB_V.pdf] Text
4203121071_BAB_V.pdf

Download (434kB)
[thumbnail of 4203121071_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203121071_Daftar_Pustaka.pdf

Download (483kB)
[thumbnail of 4203121071_Lampiran.pdf] Text
4203121071_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap pemecahan masalah siswa adalah untuk menganalisis pengaruh dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan model pembelajaran problem based learning dalam materi suhu dan kalor pada kelas XI semester 2 di SMA Swasta Harapan Paya Bakung. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain pretest dan posttest control group, populasi penelitian adalah semua kelas XI di SMA Swasta Harapan Paya Bakung. Sampel yang digunakan adalah cluster random sampling, terdiri 27 siswa dari kelas XI-1 sebagai kelas eksperimen dan 24 siswa dari kelas XI-3 sebagai kelas kontrol. Solusi untuk menyelesaikan masalah dalam penelitian ini adalah kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning dan kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes kemampuan pemecahan masalah siswa. Uji normalitas, homogenitas, dan hipotesis data awal dan akhir menggunakan Microsoft excel. Data awal penelitian diperoleh rata-rata prestest kelas eksperimen 36,85 dan kelas kontrol 32,08, uji hipotesis awal berdistribusi normal Lhitung < Ltabel (0,1527 < 0,1808) untuk kelas kontrol dan (0,0804 < 0,1705) untuk kelas eksperimen, uji data awal homogen (1,731 < 1,988). Uji hipotesis awal kedua kelompok menggunakan Microsoft excel didapatkan nilai signifikasi = 0,05 dengan -ttabel < thitung < ttabel (-2,011 < 1,67 < 2,011), berarti H0 diterima dan Ha ditolak. Hal ini menunjukan kemampuan awal kedua kelas sama. Setelah itu diakhir pembelajaran diberikan posttest dan didapatkan nilai rata-rata di kelas eksperimen 82,40 dan dikelas kontrol 74,58. Uji data akhir normal pada kelas kontrol (0,1403 < 0,1808) dan pada kelas eksperimen (0,1128 < 0,1705). Uji data akhir homogen (1,640 < 1,988). Uji hipotesis akhir menunjukkan bahwa distribusi t untuk α = 0,05 maka ttabel = 1,675 dengan membandingkan thitung dan ttabel maka thitung > ttabel (2,86 > 1,675), mengindikasikan bahwa hipotesis Ha diterima. Hasil Uji n-gain menunjukkan diperoleh pada peningkatan pemecahan masalah siswa di dalam menjawab soal pada kelas kontrol sebesar 62%, sedangkan pada kelas eksperimen memperoleh hasil sebesar 73% kesimpulannya adalah bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning memiliki pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 536.071 2 Kha p
Keywords: Problem based learning; Pemecahan masalah; Suhu; Kalor
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC251 Heat
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 19 Jun 2025 05:41
Last Modified: 19 Jun 2025 05:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60617

Actions (login required)

View Item
View Item