HSB, HANDINI AVANTIKA (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN FUN THINKERS BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SDN. 01 BILAH BARAT T. A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1203311109_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311109_Cover.pdf
Download (98kB)
![[thumbnail of 1203311109_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311109_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 1203311109_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311109_Abstrak.pdf
Download (178kB)
![[thumbnail of 1203311109_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311109_Kata_Pengantar.pdf
Download (240kB)
![[thumbnail of 1203311109_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311109_Daftar_Isi.pdf
Download (118kB)
![[thumbnail of 1203311109_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311109_Daftar_Gambar.pdf
Download (33kB)
![[thumbnail of 1203311109_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311109_Daftar_Tabel.pdf
Download (114kB)
![[thumbnail of 1203311109_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311109_Daftar_Lampiran.pdf
Download (115kB)
![[thumbnail of 1203311109_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311109_BAB_I.pdf
Download (396kB)
![[thumbnail of 1203311109_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311109_BAB_V.pdf
Download (242kB)
![[thumbnail of 1203311109_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311109_Daftar_Pustaka.pdf
Download (270kB)
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Fun Thinkers Book terhadap hasil belajar siswa pada pendidikan pancasila kelas IV SD N. 01 Bilah Barat T.A 2023/2024. Populasi penelitian ini terdiri dari 48 siswa yang mencakup 25 siswa kelas IV A, dan 23 siswa kelas IV B. Jenis penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design, dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Sebelum dilaksanakannya penelitian instrumen, dilakukan beberapa pengujian yaitu uji validitas, reliabilitas, daya beda, dan kesukaran instrumen. Tahap berikutnya kedua kelas sampel akan diberikan pre-test (tes awal), lalu akan diberikan perlakuan pada kelas eksperimen dengan menggunakan media Fun Thinkers Book dan kelas kontrol menggunakan model media gambar dan tahap selanjutnya akan diberikan post-test (tes akhir). Berdasarkan hasil uji normalitas didapatkan hasil signifikansi pre-test eksperimen 0,322, post-test eksperimen 0,414, pre-test kontrol 0,867, dan post-test kontrol 0,828 berikutnya uji homogenitas didapatkan hasil signifikansi 0,479 dan hasil uji hipotesis dinyatakan bahwa terdapat pengaruh dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Sehingga dapat disimpulkan pada tahap akhir melalui uji hipotesis bahwa Ha diterima dan �0 ditolak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar, Media Fun Thinkers Book |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 07:03 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 07:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60616 |