PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN FUN THINKERS BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SDN. 01 BILAH BARAT T. A 2023/2024

HSB, HANDINI AVANTIKA (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN FUN THINKERS BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SDN. 01 BILAH BARAT T. A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203311109_Cover.pdf] Text
1203311109_Cover.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of 1203311109_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203311109_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1203311109_Abstrak.pdf] Text
1203311109_Abstrak.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of 1203311109_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203311109_Kata_Pengantar.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of 1203311109_Daftar_Isi.pdf] Text
1203311109_Daftar_Isi.pdf

Download (118kB)
[thumbnail of 1203311109_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203311109_Daftar_Gambar.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 1203311109_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203311109_Daftar_Tabel.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of 1203311109_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203311109_Daftar_Lampiran.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of 1203311109_BAB_I.pdf] Text
1203311109_BAB_I.pdf

Download (396kB)
[thumbnail of 1203311109_BAB_V.pdf] Text
1203311109_BAB_V.pdf

Download (242kB)
[thumbnail of 1203311109_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203311109_Daftar_Pustaka.pdf

Download (270kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Fun Thinkers Book terhadap hasil belajar siswa pada pendidikan pancasila kelas IV SD N. 01 Bilah Barat T.A 2023/2024. Populasi penelitian ini terdiri dari 48 siswa yang mencakup 25 siswa kelas IV A, dan 23 siswa kelas IV B. Jenis penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design, dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Sebelum dilaksanakannya penelitian instrumen, dilakukan beberapa pengujian yaitu uji validitas, reliabilitas, daya beda, dan kesukaran instrumen. Tahap berikutnya kedua kelas sampel akan diberikan pre-test (tes awal), lalu akan diberikan perlakuan pada kelas eksperimen dengan menggunakan media Fun Thinkers Book dan kelas kontrol menggunakan model media gambar dan tahap selanjutnya akan diberikan post-test (tes akhir). Berdasarkan hasil uji normalitas didapatkan hasil signifikansi pre-test eksperimen 0,322, post-test eksperimen 0,414, pre-test kontrol 0,867, dan post-test kontrol 0,828 berikutnya uji homogenitas didapatkan hasil signifikansi 0,479 dan hasil uji hipotesis dinyatakan bahwa terdapat pengaruh dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Sehingga dapat disimpulkan pada tahap akhir melalui uji hipotesis bahwa Ha diterima dan �0 ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Hasil Belajar, Media Fun Thinkers Book
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 02 Jul 2025 07:03
Last Modified: 02 Jul 2025 07:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60616

Actions (login required)

View Item
View Item