Zainani (2016) PENGARUH PEMAHAMAN STRUKTUR DAN CIRI KEBAHASAAN TERHADAP KEMMAPUAN MENULIS TEKS ULASAN DRAMA OLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2113311082 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM. 2113311082 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (479kB) | Preview
3. NIM. 2113311082 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
4. NIM. 2113311082 PREFACE.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
5. NIM. 2113311082 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6. NIM. 2113311082 TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM. 2113311082 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM. 2113311082 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (371kB) | Preview
12. NIM. 2113311082 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
13. NIM. 2113311082 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemahaman struktur dan ciri kebahasaan terhadap kemampuan menulis teks ulasan drama oleh siswa kelas XI SMA Negeri 5 Medan tahun pembelajaran 2015/2016.
Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X XI SMA Negeri 5 Medan tahun pembelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 11 kelas dengan jumlah 420 orang. Sampel yang diambil adalah 32 orang dari jumlah kelas yang telah ditentukan. Metode yang digunakan adalah metode Ex post facto. Data pemahaman struktur, ciri kebahasaan , dan kemampuan menulis teks ulasan drama oleh siswa dijaring dengan menggunakan objektif tes sebanyak 40 soal dan essay tes yang disusun berdasarkan tujuan yang ingin dicapai. Sebelum dilakukan pengujian data terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji linieritas. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa data berdistribusi normal.
Setelah dilakukan perhitungan uji normalitas Lhitung < Ltabel pada taraf signifikan . Hasil uji normalitas untuk data pemahaman isi ( 0.1397 < 0.1568 ), ciri kebahasaan (0.1193 < 0.1568 ) dan kemampuan menulis teks ulasan drama ( 0.1520 < 0.1568 ). Hasil uji kelinieran kemampuan menulis teks ulasan drama (Y) atas pemahaman struktur (X1) Fhitung < Ftabel (2.15 < 2.51) dan uji keberartian regresi Fhitung > Ftabel (5.21 > 4.17) maka Y ̂ =118.18+ 0.48 X1 linear dan berarti, dan kemampuan menulis teks ulasan drama (Y) atas pemahaman ciri kebahasaan (X2) Fhitung > Ftabel (0.11 < 2.74) dan uji keberartian regresi Fhitung > Ftabel (4.72 > 4.17) maka Y ̂= 72.39 + 0.67 X2 linear dan berarti.
Sedangkan hasil korelasi antar variabel menunjukkan bahwa pengaruh pemahaman struktur terhadap kemampuan menulis teks ulasan drama memiliki koefesien determinan korelasi ganda sebesar 15.45%, hubungan pemahaman ciri kebahasaan terhadap kemampuan menulis teks ulasan drama memiliki koefesien determinan korelasi ganda sebesar 22.37% dan hubungan pemahaman struktur dan ciri kebahasaan terhadap kemampuan menulis teks ulasan drama memiliki koefesien determinan korelasi ganda sebesar 57.60%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara hubungan pemahaman struktur, ciri kebahasaan terhadap kemampuan menulis teks ulasan drama oleh siswa kelas XI SMA Negeri 5 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 P.IND 025 |
Keywords: | Teks Ulasan Drama; Pemahaman Struktur; Ciri Kebahasaan; Kemampuan Menulis Teks Ulasan Drama. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1600 Drama |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Jul 2016 06:44 |
Last Modified: | 13 Jul 2016 06:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6056 |