PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER BERBANTUAN BIOCARD TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPAS DI SDN 173194 BATUMANUMPAK T.A 2023/2024

Pasaribu, Foibe Dahlianti (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER BERBANTUAN BIOCARD TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPAS DI SDN 173194 BATUMANUMPAK T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203311105_Cover.pdf] Text
1203311105_Cover.pdf

Download (298kB)
[thumbnail of 1203311105_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203311105_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (938kB)
[thumbnail of 1203311105_Abstrak.pdf] Text
1203311105_Abstrak.pdf

Download (505kB)
[thumbnail of 1203311105_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203311105_Kata_Pengantar.pdf

Download (705kB)
[thumbnail of 1203311105_Daftar_Isi.pdf] Text
1203311105_Daftar_Isi.pdf

Download (595kB)
[thumbnail of 1203311105_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203311105_Daftar_Gambar.pdf

Download (367kB)
[thumbnail of 1203311105_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203311105_Daftar_Tabel.pdf

Download (453kB)
[thumbnail of 1203311105_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203311105_Daftar_Lampiran.pdf

Download (381kB)
[thumbnail of 1203311105_BAB_I.pdf] Text
1203311105_BAB_I.pdf

Download (744kB)
[thumbnail of 1203311105_BAB_V.pdf] Text
1203311105_BAB_V.pdf

Download (596kB)
[thumbnail of 1203311105_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203311105_Daftar_Pustaka.pdf

Download (607kB)

Abstract

Rendahnya kemampuan berpikir kreatif menyebabkan hasil belajar siswa pada
materi IPAS menjadi rendah, sehingga diperlukannya suatu pembelajaran yang
dapat memberikan dorongan kepada siswa dalam berpikir lebih kreatif. Salah satu
model pembelajaran yang berfungsi meningkatkan kemampuan berpikir kreatif
siswa dalah model pembelajaran treffinger. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh dari model pembelajaran Treffinger berbantuan Biocard
terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa kelas IV pada mata pelajaran IPAS
SDN 137194 Batumanumpak. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah
quasi eksperimen dengan desain dua kelompok pretes-postest. Sampel yang
digunakan adalah satu kelas sebagai kelompok eksperimen dengan menggunakan
model pembelajaran treffinger dan satu kelas sebagai kelompok kontrol dengan
menggunakan model konvensional, yang masing-masing terdiri dari 20 orang
siswa. Berdasarkan hasil dan diskusi, dapat disimpulkan bahwa siswa dengan
model pembelajaran Treffinger berbantuan biocard memiliki kemampuan berpikir
kreatif yang lebih baik daripada siswa dengan model pembelajaran konvensional.
Nilai rata-rata setelah tes menunjukkan hal ini. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa nilai 8,065 lebih besar dari 2,001, sehingga thitung lebih besar dari ttabel.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kemampuan Berpikir Kreatif, Model Pembelajaran Treffinger, IPAS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 02 Jul 2025 07:13
Last Modified: 02 Jul 2025 07:13
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60555

Actions (login required)

View Item
View Item