Pasaribu, Foibe Dahlianti (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER BERBANTUAN BIOCARD TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPAS DI SDN 173194 BATUMANUMPAK T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
1203311105_Cover.pdf
Download (298kB)
1203311105_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (938kB)
1203311105_Abstrak.pdf
Download (505kB)
1203311105_Kata_Pengantar.pdf
Download (705kB)
1203311105_Daftar_Isi.pdf
Download (595kB)
1203311105_Daftar_Tabel.pdf
Download (453kB)
1203311105_Daftar_Gambar.pdf
Download (367kB)
1203311105_Daftar_Lampiran.pdf
Download (381kB)
1203311105_BAB_I.pdf
Download (744kB)
1203311105_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1203311105_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1203311105_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (809kB)
1203311105_BAB_V.pdf
Download (596kB)
1203311105_Daftar_Pustaka.pdf
Download (607kB)
1203311105_Lampiran.pdf
Download (3MB)
Abstract
Rendahnya kemampuan berpikir kreatif menyebabkan hasil belajar siswa pada
materi IPAS menjadi rendah, sehingga diperlukannya suatu pembelajaran yang
dapat memberikan dorongan kepada siswa dalam berpikir lebih kreatif. Salah satu
model pembelajaran yang berfungsi meningkatkan kemampuan berpikir kreatif
siswa dalah model pembelajaran treffinger. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh dari model pembelajaran Treffinger berbantuan Biocard
terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa kelas IV pada mata pelajaran IPAS
SDN 137194 Batumanumpak. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah
quasi eksperimen dengan desain dua kelompok pretes-postest. Sampel yang
digunakan adalah satu kelas sebagai kelompok eksperimen dengan menggunakan
model pembelajaran treffinger dan satu kelas sebagai kelompok kontrol dengan
menggunakan model konvensional, yang masing-masing terdiri dari 20 orang
siswa. Berdasarkan hasil dan diskusi, dapat disimpulkan bahwa siswa dengan
model pembelajaran Treffinger berbantuan biocard memiliki kemampuan berpikir
kreatif yang lebih baik daripada siswa dengan model pembelajaran konvensional.
Nilai rata-rata setelah tes menunjukkan hal ini. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa nilai 8,065 lebih besar dari 2,001, sehingga thitung lebih besar dari ttabel.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Kemampuan Berpikir Kreatif, Model Pembelajaran Treffinger, IPAS |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 02 Jul 2025 07:13 |
| Last Modified: | 13 Aug 2025 08:30 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60555 |
