HUBUNGAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 106158 PEMATANG JOHAR

NATSER, FITRI KHOIRIYAH (2024) HUBUNGAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 106158 PEMATANG JOHAR. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1193311078_Cover.pdf] Text
1193311078_Cover.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of 1193311078_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193311078_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (385kB)
[thumbnail of 1193311078_Abstrak.pdf] Text
1193311078_Abstrak.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of 1193311078_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193311078_Kata_Pengantar.pdf

Download (405kB)
[thumbnail of 1193311078_Daftar_Isi.pdf] Text
1193311078_Daftar_Isi.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of 1193311078_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193311078_Daftar_Gambar.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1193311078_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193311078_Daftar_Tabel.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of 1193311078_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193311078_Daftar_Lampiran.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1193311078_BAB_I.pdf] Text
1193311078_BAB_I.pdf

Download (349kB)
[thumbnail of 1193311078_BAB_V.pdf] Text
1193311078_BAB_V.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 1193311078_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193311078_Daftar_Pustaka.pdf

Download (331kB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara
pemanfaatan sumber belajar dengan motivasi belajar siswa dikelas IV SDN
106158 Pematang Johar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
penelitian korelasional dengan menggunakan jenis pendekatan kuantitatif.Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi/pengamatan,
kuesioner, dan studi dokumentasi. Populasi dan sampel dalam penelitian ini yaitu
siswa kelas IV SDN 106158 Pematang Johar yang berjumlah 50 orang siswa.
Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa kelas IV SD
Negeri 106158 Pematang Johar tergolong rendah dengan persentase 40,00%
sebanyak 20 siswa dari total keseluruhan 50 siswa. Hasil menunjukkan bahwa
pemanfaatan sumber belajar yang dilakukan oleh siswa berada pada kategori
kurang. Hal ini dapat dilihat dari hasil persentase angket pemanfaatan sumber
belajar sebesar 36% sebanyak 18 siswa dari total keseluruhan 50 siswa. Dari data
analisis 36% tersebut diketahui bahwa sebagian besar siswa kurang
memanfaatkan sumber belajar baik yang berupa data, orang, metode, media dan
tempat atau lingkungan sekitarnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah
korelasi Product Moment. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dengan
menggunakan rumus Product Moment dengan df = 48, maka diperoleh harga
rtabel pada taraf signifikan 5% = 0,284, rxy yang diperoleh yaitu 0,62 lebih besar
dari rtabel maka (Ho) ditolak dan (Ha) diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa
“terdapat hubungan antara pemanfaatan sumber belajar dan motivasi belajar siswa
kelas IV SD Negeri 106158 Pematang Johar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Sumber Belajar, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 02 Jul 2025 07:13
Last Modified: 02 Jul 2025 07:13
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60551

Actions (login required)

View Item
View Item