PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SD NEGERI 104607SEI ROTAN

HARAHAP, FITRI HARIANI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SD NEGERI 104607SEI ROTAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203311123_Cover.pdf] Text
1203311123_Cover.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of 1203311123_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203311123_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (638kB)
[thumbnail of 1203311123_Abstrak.pdf] Text
1203311123_Abstrak.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of 1203311123_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203311123_Kata_Pengantar.pdf

Download (344kB)
[thumbnail of 1203311123_Daftar_Isi.pdf] Text
1203311123_Daftar_Isi.pdf

Download (221kB)
[thumbnail of 1203311123_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203311123_Daftar_Gambar.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of 1203311123_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203311123_Daftar_Tabel.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of 1203311123_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203311123_Daftar_Lampiran.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of 1203311123_BAB_I.pdf] Text
1203311123_BAB_I.pdf

Download (503kB)
[thumbnail of 1203311123_BAB_V.pdf] Text
1203311123_BAB_V.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of 1203311123_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203311123_Daftar_Pustaka.pdf

Download (267kB)

Abstract

Penelitian ini bertujan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Scramble Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V SD Negeri 10_4607 Sei Rotan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen Design yang berbentuk Non-Equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas V SD Negeri 104607 Sei Rotan. Sampel penelitian berjumlah 48 orang yang diambil menggunakan teknik Non-Random Sample atau teknik pengambilan sampel secara tidak acak dengan jenis Purposive Sampling sebanyak 2 kelas yaitu kelas V-a sebagai eksperimen dengan penerapan model kooperatif Scramble dan kelas V-c sebagai kelas kontrol dengan penerapan model konvensional atau ceramah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes hasil belajar sebanyak 20 butir soal pilihan berganda pelajaran IPAS dengan topik C Indonesiaku Kaya Alamnya Bab 6 Indonesia Kaya Raya. Hasil penelitian memperoleh nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen yaitu sebesar 47,70 dan meningkat menjadi 70,41 saat diberikan post-test. Sedangkan nilai rata-rata pre-test kelas kontrol sebesar 45,41 dan nilai rata-rata post-test meningkat menjadi 47,70. Teknik analisis data yaitu uji hipotesis (uji t) menggunakan uji independent sample t memperoleh nilai signifikansi (2-tailed) data kurang dari 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara penerapan model pembelajaran kooperatif Scramble terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V SD Negeri 104607 Sei Rotan T.A 2023/2024”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kooperatif Scramble, Hasil Belajar, IPAS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 02 Jul 2025 07:14
Last Modified: 02 Jul 2025 07:14
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60550

Actions (login required)

View Item
View Item