Simbolon, Winda D E (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR SMA KELAS X. Undergraduate thesis, UNIMED.
4203331031_Cover.pdf
Download (63kB)
4203331031_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (260kB)
4203331031_Abstrak.pdf
Download (204kB)
4203331031_Kata_Pengantar.pdf
Download (213kB)
4203331031_Daftar_Isi.pdf
Download (150kB)
4203331031_BAB_I.pdf
Download (241kB)
4203331031_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (286kB)
4203331031_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (288kB)
4203331031_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (331kB)
4203331031_BAB_V.pdf
Download (100kB)
4203331031_Daftar_Pustaka.pdf
Download (444kB)
4203331031_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan powtoon berbasis PBL dengan canva berbasis PBL, mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa dengan motivasi belajar yang bervariasi pada materi Sistem Periodik Unsur, dan melihat apakah ada interaksi antara media dan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain factorial 2x2, populasi dalam adalah seluruh peserta didik kelas X di SMA N 14 Medan. Sampel diambil secara random claster sampling sebanyak 2 kelas dengan jumlah sampel 48 orang. Uji hipotesis dilakukan dengan ANOVA dua jalur pada taraf F �(0,05). Untuk media pembelajaran powtoon berbasi PBL dan Canva berbasi PBL harga Fhitung 45,77 > Ftabel 4,06 yang artinya Ha diterima, ada perbedaan hasil belajar yang diajarkan dengan powtoon berbasi PBL dengan canva berbasis PBL pada materi Sistem Periodik Unsur. Pada motivasi belajar yang diperoleh dari media powtoon berbasis PBL dan canva berbasi PBL Fhitung 42,38 > Ftabel 4,06 yang artinya Ha diterima, ada perbedaan hasil belajar siswa dengan motivasi belaajar bervariasi pada sistem perodik unsur. Selanjutnya untuk interaksi antara media dengan motivasi belajar diperoleh Fhitung 4,709 > Ftabel 4,06 yang artinya, ada interaksi antara media pembelajaran dengan motivasi belajar siswa pada materi sistem periodik unsur
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Additional Information: | 546.8 Sim p |
| Keywords: | Media pembelajaran; Powtoon; Canva; Problem based learning; Motivasi belajar; Hasil belajar; Sistem periodik unsur |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
| Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
| Date Deposited: | 12 Jun 2025 04:25 |
| Last Modified: | 12 Jun 2025 04:25 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60547 |
