PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR SMA KELAS X

Simbolon, Winda D E (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR SMA KELAS X. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203331031_Cover.pdf] Text
4203331031_Cover.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of 4203331031_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203331031_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (260kB)
[thumbnail of 4203331031_Abstrak.pdf] Text
4203331031_Abstrak.pdf

Download (204kB)
[thumbnail of 4203331031_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203331031_Kata_Pengantar.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of 4203331031_Daftar_Isi.pdf] Text
4203331031_Daftar_Isi.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of 4203331031_BAB_I.pdf] Text
4203331031_BAB_I.pdf

Download (241kB)
[thumbnail of 4203331031_BAB_II.pdf] Text
4203331031_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)
[thumbnail of 4203331031_BAB_III.pdf] Text
4203331031_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[thumbnail of 4203331031_BAB_IV.pdf] Text
4203331031_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB)
[thumbnail of 4203331031_BAB_V.pdf] Text
4203331031_BAB_V.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of 4203331031_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203331031_Daftar_Pustaka.pdf

Download (444kB)
[thumbnail of 4203331031_Lampiran.pdf] Text
4203331031_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan powtoon berbasis PBL dengan canva berbasis PBL, mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa dengan motivasi belajar yang bervariasi pada materi Sistem Periodik Unsur, dan melihat apakah ada interaksi antara media dan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain factorial 2x2, populasi dalam adalah seluruh peserta didik kelas X di SMA N 14 Medan. Sampel diambil secara random claster sampling sebanyak 2 kelas dengan jumlah sampel 48 orang. Uji hipotesis dilakukan dengan ANOVA dua jalur pada taraf F �(0,05). Untuk media pembelajaran powtoon berbasi PBL dan Canva berbasi PBL harga Fhitung 45,77 > Ftabel 4,06 yang artinya Ha diterima, ada perbedaan hasil belajar yang diajarkan dengan powtoon berbasi PBL dengan canva berbasis PBL pada materi Sistem Periodik Unsur. Pada motivasi belajar yang diperoleh dari media powtoon berbasis PBL dan canva berbasi PBL Fhitung 42,38 > Ftabel 4,06 yang artinya Ha diterima, ada perbedaan hasil belajar siswa dengan motivasi belaajar bervariasi pada sistem perodik unsur. Selanjutnya untuk interaksi antara media dengan motivasi belajar diperoleh Fhitung 4,709 > Ftabel 4,06 yang artinya, ada interaksi antara media pembelajaran dengan motivasi belajar siswa pada materi sistem periodik unsur

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 546.8 Sim p
Keywords: Media pembelajaran; Powtoon; Canva; Problem based learning; Motivasi belajar; Hasil belajar; Sistem periodik unsur
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 12 Jun 2025 04:25
Last Modified: 12 Jun 2025 04:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60547

Actions (login required)

View Item
View Item