PANE, FHAZIZAH DEWI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 104607 SEI ROTAN T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
1203111034_Cover.pdf
Download (120kB)
1203111034_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (461kB)
1203111034_Abstrak.pdf
Download (241kB)
1203111034_Kata_Pengantar.pdf
Download (278kB)
1203111034_Daftar_Isi.pdf
Download (308kB)
1203111034_Daftar_Tabel.pdf
Download (228kB)
1203111034_Daftar_Gambar.pdf
Download (227kB)
1203111034_Daftar_Lampiran.pdf
Download (231kB)
1203111034_BAB_I.pdf
Download (388kB)
1203111034_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1203111034_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (770kB)
1203111034_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (742kB)
1203111034_BAB_V.pdf
Download (234kB)
1203111034_Daftar_Pustaka.pdf
Download (339kB)
1203111034_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Pembelajaran matematika di sekolah dasar cenderung belum maksimal, hal ini dikarenakan model pembelajaran yang digunakan masih berpaku pada model pembelajaran konvensional yang berpusat pada guru. Sehingga tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 104607 Sei Rotan T.A 2023/2024. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan quasi eksperimental. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar berbentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD mendapatkan nilai rata-rata yaitu 80,78 sedangkan hasil belajar konvensional mendapatkan nilai rata-rata yaitu 69,21. Dari hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t, menunjukkan bahwa pada taraf signifikan 0,05 dengan diperoleh bahwa �ℎ����� > ������ (3,962 > 1,684), maka H0 ditolak dan Ha diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara hasil belajar siswa yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division).
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Hasil Belajar, Student Teams Achievement Division (STAD), Bangun Ruang. |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 21 Jul 2025 07:42 |
| Last Modified: | 13 Aug 2025 08:14 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60542 |
