PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 104607 SEI ROTAN T.A 2023/2024

PANE, FHAZIZAH DEWI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 104607 SEI ROTAN T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111034_Cover.pdf] Text
1203111034_Cover.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of 1203111034_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111034_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (461kB)
[thumbnail of 1203111034_Abstrak.pdf] Text
1203111034_Abstrak.pdf

Download (241kB)
[thumbnail of 1203111034_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111034_Kata_Pengantar.pdf

Download (278kB)
[thumbnail of 1203111034_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111034_Daftar_Isi.pdf

Download (308kB)
[thumbnail of 1203111034_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111034_Daftar_Gambar.pdf

Download (227kB)
[thumbnail of 1203111034_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111034_Daftar_Tabel.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of 1203111034_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111034_Daftar_Lampiran.pdf

Download (231kB)
[thumbnail of 1203111034_BAB_I.pdf] Text
1203111034_BAB_I.pdf

Download (388kB)
[thumbnail of 1203111034_BAB_V.pdf] Text
1203111034_BAB_V.pdf

Download (234kB)
[thumbnail of 1203111034_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111034_Daftar_Pustaka.pdf

Download (339kB)

Abstract

Pembelajaran matematika di sekolah dasar cenderung belum maksimal, hal ini dikarenakan model pembelajaran yang digunakan masih berpaku pada model pembelajaran konvensional yang berpusat pada guru. Sehingga tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 104607 Sei Rotan T.A 2023/2024. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan quasi eksperimental. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar berbentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD mendapatkan nilai rata-rata yaitu 80,78 sedangkan hasil belajar konvensional mendapatkan nilai rata-rata yaitu 69,21. Dari hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t, menunjukkan bahwa pada taraf signifikan 0,05 dengan diperoleh bahwa �ℎ����� > ������ (3,962 > 1,684), maka H0 ditolak dan Ha diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara hasil belajar siswa yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Hasil Belajar, Student Teams Achievement Division (STAD), Bangun Ruang.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 07:42
Last Modified: 21 Jul 2025 07:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60542

Actions (login required)

View Item
View Item