PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MACTH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PELAJARAN IPAS MATERI DAERAHKU KEBANGGAANKU DI SDN 101879 KANAN II T.A 2023/2024

Ananda Putri, Fedrina (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MACTH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PELAJARAN IPAS MATERI DAERAHKU KEBANGGAANKU DI SDN 101879 KANAN II T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111131_Cover.pdf] Text
1203111131_Cover.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of 1203111131_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111131_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (814kB)
[thumbnail of 1203111131_Abstrak.pdf] Text
1203111131_Abstrak.pdf

Download (351kB)
[thumbnail of 1203111131_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111131_Kata_Pengantar.pdf

Download (380kB)
[thumbnail of 1203111131_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111131_Daftar_Isi.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of 1203111131_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111131_Daftar_Gambar.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of 1203111131_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111131_Daftar_Tabel.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of 1203111131_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111131_Daftar_Lampiran.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of 1203111131_BAB_I.pdf] Text
1203111131_BAB_I.pdf

Download (455kB)
[thumbnail of 1203111131_BAB_V.pdf] Text
1203111131_BAB_V.pdf

Download (519kB)
[thumbnail of 1203111131_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111131_Daftar_Pustaka.pdf

Download (572kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model
pembelajaran Kooperative Tipe Make A Match terhadap hasil belajar siswa di
SDN 101879 Kanan II di Kelas V Semester II Tahun Ajaran 2023/2024. Metode
penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Quasi Eksperimen.
Sampel penelitian menggunakan keseluruhan siswa kelas V. Populasi pada
penelitian ini di kelas V dengan total keseluruhan siswa sebanyak 32 orang.
Instrumen penelitian menggunakan tes pretest dan posttest melalui Uji
Validitas,Uji Realibilitas,Uji tingkat kesukaran dan uji tingkat Daya Pembeda.
Teknik Analisis data melalui Uji Normalitas,Uji Homogenitas dan Uji Hipotesis.
Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa tanpa
menggunakan model pembelajaran make a match sebesar 74,87. Hasil belajar
siswa dengan menggunakan model pembelajaran make a match sebesar 85,75.
Analisis data pada uji normalitas menyatakan berdistribusi normal, data nilai
Pretest di kelas Eksperimen yaitu < sebesar 1,87 < 2,27 sedangkan
nilai Posttest yaitu < sebesar 1,93 < 2,13. Uji Homogenitas
dinyatakan homogen dengan nilai fℎ����� < f�����, yaitu 1,82 < 2,40. Pada uji
hipotesis menggunakan nilai Posttest diperoleh yaitu �ℎ����� ≥ ������, yaitu 7,23 ≥
1,75 dengan taraf signifikan α=0,05 yang menyatakan Ha diterima dan Ho ditolak.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa “Terdapat Pengaruh dari Model
Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada
Pelajaran IPAS Materi Daerahku Kebanggaanku di SDN 101879 Kanan II T.A
2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran Make A Match, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 07:44
Last Modified: 21 Jul 2025 07:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60534

Actions (login required)

View Item
View Item