PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI BERBASIS CANVA PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 173243 AEK BOTIK T.A. 2023/2024

SIHOMBING, FATIMAH (2024) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI BERBASIS CANVA PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 173243 AEK BOTIK T.A. 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203311019_Cover.pdf] Text
1203311019_Cover.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of 1203311019_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203311019_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (317kB)
[thumbnail of 1203311019_Abstrak.pdf] Text
1203311019_Abstrak.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of 1203311019_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203311019_Kata_Pengantar.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of 1203311019_Daftar_Isi.pdf] Text
1203311019_Daftar_Isi.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of 1203311019_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203311019_Daftar_Gambar.pdf

Download (69kB)
[thumbnail of 1203311019_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203311019_Daftar_Tabel.pdf

Download (73kB)
[thumbnail of 1203311019_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203311019_Daftar_Lampiran.pdf

Download (71kB)
[thumbnail of 1203311019_BAB_I.pdf] Text
1203311019_BAB_I.pdf

Download (279kB)
[thumbnail of 1203311019_BAB_V.pdf] Text
1203311019_BAB_V.pdf

Download (218kB)
[thumbnail of 1203311019_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203311019_Daftar_Pustaka.pdf

Download (199kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kelayakan, Kepraktisan dan keefektivitasan produk Video Animasi berbasis Canva Pembelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 173243 Aek Botik T.A. 2023/2024. Skripsi. Medan: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan, 2024. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) Model ADDIE yakni Anlaysis, Desain, Developmen, Implementation, Evaluation. Adapun subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV SD Negeri Aek Botik. Sedangkan instrumen atau alat pengumpulan datanya adalah observasi, angket, wawancara dan tes. Hasil penelitian ini adalah Video Animasi Berbasisi Canva dengan meliputi 4 aspek yakni : penilaian terhadap aspek kelayakan isi materi dengan hasil presentase 85% (Valid/Layak Digunakan). Aspek kelayakan tampilan desain teknologi dengan presentase 86% (Valid/Layak Digunakan). Aspek soal dengan presentase 95% (Valid/Layak Digunakan). Aspek praktikalitas 93,3% (Valid/Layak Digunakan). Berdasarkan hasil uji kelayakan, kepraktisan dan keefektivitasan produk ini maka dapat disimpulkan bahwa Video Animasi Berbasis Canva pada pembelajaran IPAS ini sangat layak, praktis dan efektif untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Video Animasi, Berbasis Canva, IPAS, Siswa Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 07:44
Last Modified: 21 Jul 2025 07:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60529

Actions (login required)

View Item
View Item