PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI IPAS PADA MATERI NORMA DAN ADAT ISTIADAT KELAS IV SDN 024766 BINJAI T.A 2023/2024

ARSILA, FAIZA (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI IPAS PADA MATERI NORMA DAN ADAT ISTIADAT KELAS IV SDN 024766 BINJAI T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203311043_Cover.pdf] Text
1203311043_Cover.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of 1203311043_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203311043_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (374kB)
[thumbnail of 1203311043_Abstrak.pdf] Text
1203311043_Abstrak.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of 1203311043_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203311043_Kata_Pengantar.pdf

Download (262kB)
[thumbnail of 1203311043_Daftar_Isi.pdf] Text
1203311043_Daftar_Isi.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of 1203311043_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203311043_Daftar_Gambar.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 1203311043_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203311043_Daftar_Tabel.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of 1203311043_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203311043_Daftar_Lampiran.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 1203311043_BAB_I.pdf] Text
1203311043_BAB_I.pdf

Download (432kB)
[thumbnail of 1203311043_BAB_V.pdf] Text
1203311043_BAB_V.pdf

Download (232kB)
[thumbnail of 1203311043_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203311043_Daftar_Pustaka.pdf

Download (239kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menghasilkan media
pembelajaran Monopoli yang valid, praktis, dan efektif pada pembelajaran IPAS
materi Norma dan Adat Istiadat di kelas IV SD Negeri 024766 Binjai T.A
2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan
(Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE yaitu terdiri
dari Analysis (analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan),
Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas IV SD Negeri 024766 yang berjumlah 22 siswa. Teknik
pengumpulan data dilakukan wawancara, angket, dan tes. Instrumen. Instrument
penelitian yang digunakan yaitu: pedoman wawancara, angket validasi ahli media,
ahli materi, praktisi pendidikan, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan
yaitu kualitatif dan kuantitatif Hasil penilaian kevalidan oleh validator ahli media
sebesar 90% dengan kriteria “Sangat Valid”. Selanjutnya penilaian validator ahli
materi mendapatkan skor sebesar 81% dengan kriteria “Sangat Valid”.
Selanjutnya penilaian kepraktisan oleh ahli praktisi kelas IV SD Negeri 024766
Binjai memperoleh skor 90% dengan kriteria “Sangat Praktis”. Adapun hasil
penilaian keefektifan oleh siswa terjadi peningkatkan dapat dilihat dari hasil Pre-
Test dan Pos-Test. Hasil pre-test sebesar 56% dan hasil post-test sebesar 89%.
Berdasarkan keefektifan penggunaan Monopoli yang menggunakan N-Gain
mendapatkan kriteria “Efektif” dengan presentase 76%. Berdasarkan hasil uraian
di atas dapat disimpulkan bahwa penelitian dan pengembangan ini menghasilkan
sebuah produk berupa media monopoli yang valid, praktis, dan efektif digunakan
dalam proses pembelajaran di kelas IV SD Negeri 024766 Binjai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Penelitian dan Pengembangan, Media Pembelajaran Monopoli
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 19 May 2025 01:55
Last Modified: 19 May 2025 01:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60519

Actions (login required)

View Item
View Item