PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E BERBANTUAN MEDIA I-SPRING TERHADAP HASIL DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA

Simarmata, Tiomelda (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E BERBANTUAN MEDIA I-SPRING TERHADAP HASIL DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4202431003_Cover.pdf] Text
4202431003_Cover.pdf

Download (234kB)
[thumbnail of 4202431003_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4202431003_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (223kB)
[thumbnail of 4202431003_Abstrak.pdf] Text
4202431003_Abstrak.pdf

Download (256kB)
[thumbnail of 4202431003_Kata_Pengantar.pdf] Text
4202431003_Kata_Pengantar.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of 4202431003_BAB_I.pdf] Text
4202431003_BAB_I.pdf

Download (481kB)
[thumbnail of 4202431003_BAB_V.pdf] Text
4202431003_BAB_V.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of 4202431003_Daftar_Isi.pdf] Text
4202431003_Daftar_Isi.pdf

Download (232kB)
[thumbnail of 4202431003_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4202431003_Daftar_Pustaka.pdf

Download (505kB)

Abstract

Penerapan kegiatan pembelajaran yang masih bersifat teacher centered menyebabkan siswa kurang aktif ketika proses belajar mengajar. Ketika pembelajaran berlangsung, siswa dinilai memiliki minat belajar yang rendah. Hal ini ditandai dari sikap siswa yang cenderung pasif dan kurang berperan saat proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan media I-Spring terhadap hasil dan minat belajar siswa SMA kelas XI pada materi kesetimbangan kimia. Penelitian ini menggunakan dua sampel yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 dimana masing-masing kelas terdiri dari 34 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest kontrol grup design yang melibatkan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes berupa soal pilihan berganda berjumlah 20 soal dan instrumen non tes berupa angket minat berjumlah 20 pernyataan. Untuk uji hipotesis menggunakan uji t pihak kanan dan uji korelasi product moment. Dari hasil penelitian diperoleh nilai pada uji hipotesis I yaitu thitung > ttabel dimana harga thitung sebesar 9,475 dan ttabel 1,996 dan pada uji hipotesis II, thitung sebesar 11,339 dan ttabel sebesar 1,996. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan media I-Spring terhadap hasil dan minat belajar siswa SMA kelas XI pada materi kesetimbangan kimia. Adapun korelasi antara hasil dan minat belajar diperoleh sebesar 0,71 dimana rhitung > rtabel yaitu 0,334 sehingga Ha diterima. Kontribusi minat terhadap hasil belajar ialah sebesar 51%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 541.392 Sim p
Keywords: Learning cycle 5E; I-spring; Hasil belajar; Minat belajar; Kesetimbangan kimia; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 05 Jun 2025 03:01
Last Modified: 05 Jun 2025 03:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60514

Actions (login required)

View Item
View Item