PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN LKPD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN 107400 BANDAR KHALIPAH

PURBA, EVELIN (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN LKPD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN 107400 BANDAR KHALIPAH. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111003_Cover.pdf] Text
1203111003_Cover.pdf

Download (81kB)
[thumbnail of 1203111003_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111003_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (868kB)
[thumbnail of 1203111003_Abstrak.pdf] Text
1203111003_Abstrak.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 1203111003_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111003_Kata_Pengantar.pdf

Download (157kB)
[thumbnail of 1203111003_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111003_Daftar_Isi.pdf

Download (102kB)
[thumbnail of 1203111003_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111003_Daftar_Gambar.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of 1203111003_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111003_Daftar_Tabel.pdf

Download (81kB)
[thumbnail of 1203111003_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111003_Daftar_Lampiran.pdf

Download (57kB)
[thumbnail of 1203111003_BAB_I.pdf] Text
1203111003_BAB_I.pdf

Download (369kB)
[thumbnail of 1203111003_BAB_V.pdf] Text
1203111003_BAB_V.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 1203111003_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111003_Daftar_Pustaka.pdf

Download (259kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan model pembelajaran yang monoton yang setiap pembelajaran menggunakan model konvensional (ceramah) yang menyebabkan kurangnya partisipasi siswa dalam pembelajaran matematika yang menyebabkan siswa kurang mampu menggali potensinya dalam kemampuan berpikir kritis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbantuan LKPD untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada Pelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan pecahan kelas IV SDN 107400 Bandar Khalipah. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Quasi-Eksperimental dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah 36 siswa, dengan kelas IV-A yang terdiri dari 18 siswa sebagai kelas eksperimen dan IV-B yang terdiri dari 18 siswa sebagai kelas Kontrol. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes berupa pretest-posttest sebanyak 5 soal berbentuk uraian. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji-t independent). Hasil perhitungan uji-t dengan syarat taraf signifikan 5% diperoleh Ttabel sebesar 2,10 dan thitung sebesar 6,95. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis, diperoleh thitung > ttabel yaitu 6,95 > 2,10. Oleh karena itu, dapat diambil Kesimpulan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hal tersebut dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh signifikan penggunaan model Problem Based Learning berbantuan LKPD untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada Pelajaran matematika kelas IV SDN 107400 Bandar Khalipah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Problem Based Learning, LKPD, Kemampuan Berpikir Kritis, Pembelajaran Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 07:44
Last Modified: 21 Jul 2025 07:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60504

Actions (login required)

View Item
View Item