PERBEDAAAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MENGGUNAKAN PROJECT BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT

Siregar, Tanti Armalia (2024) PERBEDAAAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MENGGUNAKAN PROJECT BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4201131005_Cover.pdf] Text
4201131005_Cover.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of 4201131005_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4201131005_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (365kB)
[thumbnail of 4201131005_Abstrak.pdf] Text
4201131005_Abstrak.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of 4201131005_Kata_Pengantar.pdf] Text
4201131005_Kata_Pengantar.pdf

Download (329kB)
[thumbnail of 4201131005_Daftar_Isi.pdf] Text
4201131005_Daftar_Isi.pdf

Download (381kB)
[thumbnail of 4201131005_BAB_I.pdf] Text
4201131005_BAB_I.pdf

Download (468kB)
[thumbnail of 4201131005_BAB_V.pdf] Text
4201131005_BAB_V.pdf

Download (37kB)
[thumbnail of 4201131005_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4201131005_Daftar_Pustaka.pdf

Download (321kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan project based learning dan discovery learning. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen 1 dan X IPA 2 sebagai kelas eksperimen 2. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang dikumpulkan melalui nilai posttest siswa untuk mengukur hasil belajar siswa dan lembar observasi aktivitas belajar siswa untuk mengukur aktivitas siswa selama proses pembelajaran. Namun, sebelum melakukan uji hipotesis tersebut, dilakukan uji prasayarat, yaitu uji homogenitas dan normalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa antara kelas eksperimen 1 yang diajarkan dengan mengimplementasikan permodelan PjBL dibandingkan dengan kelas eksperimen 2 yang diajarkan denganmengimplementaskan permodelan DL. Hal ini bisa diberikan bukti mengacu pada nilai rerata hasil belajar siswa kelas eksperimen 1 lebih tinggi daripada kelas eksperimen 2. Begitupun dengan aktivitas belajar siswa kelas eksperimen 1 lebih tinggi dibandingkan kelas eksperimen 2. Dari hasil uji hipotesis, dengan menggunakan uji t diperoleh bahwa nilai signifikansi lebih kecil 0,00 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 543.4 Sir p
Keywords: Project based learning; Discovery learning; Larutan elektrolit; Larutan non elektrolit
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 05 Jun 2025 02:20
Last Modified: 05 Jun 2025 02:20
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60498

Actions (login required)

View Item
View Item