PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA ISPRING PRESENTER TERHADAP KEMAMPUAN HOT LITERASI KIMIA SISWA PADA MATERI REAKSI REDOKS

Sara, Syaharani (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA ISPRING PRESENTER TERHADAP KEMAMPUAN HOT LITERASI KIMIA SISWA PADA MATERI REAKSI REDOKS. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4201131019_Cover.pdf] Text
4201131019_Cover.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of 4201131019_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4201131019_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (256kB)
[thumbnail of 4201131019_Abstrak.pdf] Text
4201131019_Abstrak.pdf

Download (172kB)
[thumbnail of 4201131019_Kata_Pengantar.pdf] Text
4201131019_Kata_Pengantar.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of 4201131019_Daftar_Isi.pdf] Text
4201131019_Daftar_Isi.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of 4201131019_BAB_I.pdf] Text
4201131019_BAB_I.pdf

Download (275kB)
[thumbnail of 4201131019_BAB_V.pdf] Text
4201131019_BAB_V.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of 4201131019_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4201131019_Daftar_Pustaka.pdf

Download (242kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan media iSpring presenter lebih besar dari model konvensional terhadap kemampuan HOT literasi kimia siswa dan aspek kemampuan HOTS literasi yang terkembangkan . Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAS Imelda Medan yang berjumlah 3 kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas X MIA 2 dan X MIA 3 yang masing-masing berjumlahkan 30 orang. Penelitian menggunakan instrumen tes sebanyak 19 butir soal pilihan berganda. Uji hipotesis menggunakan uji t pihak kanan dengan hasil penelitian diperoleh nilai thitung> ttabel (2,243 > 2,002) artinya Ha diterima dan H0 ditolak, yang berarti pengaruh penggunaan model discovery learning berbantuan media iSpring Presenter terhadap kemampuan HOT literasi kimia siswa lebih besar daripada penggunaan model konvensional pada materi reaksi redoks dengan nilai N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,75 (75,03%) dan nilai N-Gain pada kelas kontrol sebesar 0,67 (66,86%). Selanjutnya, aspek kemampuan HOT literasi yang terkembangkan melalui model discovery learning berbantuan media iSpring Presenter diperoleh pada C5 penalaran dengan persentase sebesar 87,94% pada materi reaksi redoks.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 547.23 Sar p
Keywords: Discovery learning; iSpring presenter; HOTS literasi; Reaksi redoks
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 04 Jun 2025 03:03
Last Modified: 04 Jun 2025 03:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60485

Actions (login required)

View Item
View Item