PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH 8 TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI IKATAN KIMIA DI KELAS X SMA NEGERI 14 MEDAN

Riswana, Syah Nurul (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH 8 TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI IKATAN KIMIA DI KELAS X SMA NEGERI 14 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4202431001_Cover.pdf] Text
4202431001_Cover.pdf

Download (41kB)
[thumbnail of 4202431001_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4202431001_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (474kB)
[thumbnail of 4202431001_Abstrak.pdf] Text
4202431001_Abstrak.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 4202431001_Kata_Pengantar.pdf] Text
4202431001_Kata_Pengantar.pdf

Download (313kB)
[thumbnail of 4202431001_Daftar_Isi.pdf] Text
4202431001_Daftar_Isi.pdf

Download (264kB)
[thumbnail of 4202431001_BAB_I.pdf] Text
4202431001_BAB_I.pdf

Download (390kB)
[thumbnail of 4202431001_BAB_II.pdf] Text
4202431001_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB)
[thumbnail of 4202431001_BAB_III.pdf] Text
4202431001_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[thumbnail of 4202431001_BAB_IV.pdf] Text
4202431001_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (593kB)
[thumbnail of 4202431001_BAB_V.pdf] Text
4202431001_BAB_V.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 4202431001_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4202431001_Daftar_Pustaka.pdf

Download (338kB)
[thumbnail of 4202431001_Lampiran.pdf] Text
4202431001_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran macromedia flash 8 terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik serta menentukan adanya hubungan motivasi terhadap hasil belajar peseta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan peserta didik di kelas X IPA SMA Negeri 14 Medan tahun ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 10 kelas, setiap kelasnya masing-masing berjumlah 36 peserta didik. Pengambilan sampel penelitian ini dilakukan secara acak (random sampling). Adapun sampel yang diambil ada 2 kelas yaitu kelas X-7 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-5 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes evaluasi hasil belajar yaitu pretest dan posttest serta instrumen non tes yang digunakan adalah lembar angket motivasi peserta didik. Data dianalisis dengan menggunakan uji t satu pihak (pihak kanan). Hasil penelitian memperoleh nilai rata-rata motivasi peserta didik kelas eksperimen (63,38) lebih tinggi daripada kelas kontrol (48,77), begitupun dengan rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen (65,48) lebih tinggi daripada kelas kontrol (56,06), hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh media pembelajaran macromedia flash 8 terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik. Selanjutnya dapat dibuktikan juga dari hasil analisis uji hipotesis, motivasi peserta didik dengan menggunakan uji t pihak kanan diperoleh bahwa thitung > ttabel = 5,77 > 1,66. Hasil belajar peserta didik dengan menggunakan uji-t pihak kanan diperoleh bahwa thitung > ttabel = 4,02 > 1,66. Hubungan antara motivasi dengan hasil belajar peserta didik menunjukkan bahwa korelasinya sebesar 0,813 (korelasi sangat tinggi).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 541.224 Ris p
Keywords: Motivasi; Macromedia flash 8; Hasil belajar; Ikatan kimia; Media pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 04 Jun 2025 02:51
Last Modified: 19 Jun 2025 04:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60477

Actions (login required)

View Item
View Item