BAKARA, ELSHA YOHANA (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN EXPLOSION BOX BERBASIS EDUTAINMENT PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SD NEGERI 101737 MULIOREJO T.A 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIMED.
1203111166_Cover.pdf
Download (70kB)
1203111166_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (763kB)
1203111166_Abstrak.pdf
Download (181kB)
1203111166_Kata_Pengantar.pdf
Download (263kB)
1203111166_Daftar_Isi.pdf
Download (243kB)
1203111166_Daftar_Tabel.pdf
Download (152kB)
1203111166_Daftar_Gambar.pdf
Download (84kB)
1203111166_Daftar_Lampiran.pdf
Download (113kB)
1203111166_BAB_I.pdf
Download (336kB)
1203111166_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (709kB)
1203111166_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (860kB)
1203111166_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1203111166_BAB_V.pdf
Download (183kB)
1203111166_Daftar_Pustaka.pdf
Download (296kB)
1203111166_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi validitas kelayakan, praktikalitas dan efektivitas dari media pembelajaran Explosion Box berbasis Edutainment pada mata pelajaran IPAS dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri 101737 Muliorejo. Metode penelitian yang digunakan adalah model ADDIE, yang meliputi analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek penelitian ini adalah 22 peserta didik kelas V di SD Negeri 101737 Muliorejo. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, angket dan tes dengan menggunakan Teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil validasi oleh ahli media menunjukkan nilai sebesar 87,2% (Sangat Layak), validasi oleh ahli materi mendapatkan nilai 86% (Sangat Layak), dan penilaian dari praktisi pendidikan mencapai 89,3% (Sangat Praktis). Rata-rata peningkatan (n-gain) antara pretest dan posttest adalah 0,8 dengan kategori “tinggi”. Uji efektivitas media menunjukkan skor 77,3% dengan kategori “Cukup Efektif”. Kesimpulannya, media pembelajaran Explosion Box berbasis Edutainment pada mata pelajaran IPAS sangat layak dan praktis digunakan dalam pembelajaran, serta cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 101737 Muliorejo.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Media Explosion Box, Edutainment, IPAS |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 21 Jul 2025 07:46 |
| Last Modified: | 13 Aug 2025 05:54 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60473 |
