PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN EXPLOSION BOX BERBASIS EDUTAINMENT PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SD NEGERI 101737 MULIOREJO T.A 2024/2025

BAKARA, ELSHA YOHANA (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN EXPLOSION BOX BERBASIS EDUTAINMENT PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SD NEGERI 101737 MULIOREJO T.A 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111166_Cover.pdf] Text
1203111166_Cover.pdf

Download (70kB)
[thumbnail of 1203111166_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111166_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (763kB)
[thumbnail of 1203111166_Abstrak.pdf] Text
1203111166_Abstrak.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of 1203111166_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111166_Kata_Pengantar.pdf

Download (263kB)
[thumbnail of 1203111166_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111166_Daftar_Isi.pdf

Download (243kB)
[thumbnail of 1203111166_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111166_Daftar_Gambar.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of 1203111166_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111166_Daftar_Tabel.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of 1203111166_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111166_Daftar_Lampiran.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of 1203111166_BAB_I.pdf] Text
1203111166_BAB_I.pdf

Download (336kB)
[thumbnail of 1203111166_BAB_V.pdf] Text
1203111166_BAB_V.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of 1203111166_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111166_Daftar_Pustaka.pdf

Download (296kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi validitas kelayakan, praktikalitas dan efektivitas dari media pembelajaran Explosion Box berbasis Edutainment pada mata pelajaran IPAS dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri 101737 Muliorejo. Metode penelitian yang digunakan adalah model ADDIE, yang meliputi analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek penelitian ini adalah 22 peserta didik kelas V di SD Negeri 101737 Muliorejo. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, angket dan tes dengan menggunakan Teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil validasi oleh ahli media menunjukkan nilai sebesar 87,2% (Sangat Layak), validasi oleh ahli materi mendapatkan nilai 86% (Sangat Layak), dan penilaian dari praktisi pendidikan mencapai 89,3% (Sangat Praktis). Rata-rata peningkatan (n-gain) antara pretest dan posttest adalah 0,8 dengan kategori “tinggi”. Uji efektivitas media menunjukkan skor 77,3% dengan kategori “Cukup Efektif”. Kesimpulannya, media pembelajaran Explosion Box berbasis Edutainment pada mata pelajaran IPAS sangat layak dan praktis digunakan dalam pembelajaran, serta cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 101737 Muliorejo.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Explosion Box, Edutainment, IPAS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 07:46
Last Modified: 21 Jul 2025 07:46
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60473

Actions (login required)

View Item
View Item