PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS V SDN 101864 GUNUNG RINTIH T.A 2023/2024

TARIGAN, ELNA TRIYANI BR (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS V SDN 101864 GUNUNG RINTIH T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1202411019_Cover.pdf] Text
1202411019_Cover.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of 1202411019_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1202411019_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (834kB)
[thumbnail of 1202411019_Abstrak.pdf] Text
1202411019_Abstrak.pdf

Download (468kB)
[thumbnail of 1202411019_Kata_Pengantar.pdf] Text
1202411019_Kata_Pengantar.pdf

Download (381kB)
[thumbnail of 1202411019_Daftar_Isi.pdf] Text
1202411019_Daftar_Isi.pdf

Download (268kB)
[thumbnail of 1202411019_Daftar_Gambar.pdf] Text
1202411019_Daftar_Gambar.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 1202411019_Daftar_Tabel.pdf] Text
1202411019_Daftar_Tabel.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of 1202411019_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1202411019_Daftar_Lampiran.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 1202411019_BAB_I.pdf] Text
1202411019_BAB_I.pdf

Download (518kB)
[thumbnail of 1202411019_BAB_V.pdf] Text
1202411019_BAB_V.pdf

Download (490kB)
[thumbnail of 1202411019_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1202411019_Daftar_Pustaka.pdf

Download (422kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa pada materi keliling dan luas bangun datar yaitu persegi dan persegi panjang kelas V SD Negeri 101864 Gunung Rintih T.A 2023/2024. Populasi penelitian terdiri siswa kelas V SD Negeri 101864 Gunung Rintih yang berjumlah 40 orang. Sampel penelitian berjumlah sebanyak 40 orang yang diambil dari keseluruhan anggota populasi yaitu kelas V-A dan kelas V-B. Teknik pengumpulan data menggunakan soal test esai berjumlah 10 butir soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menentukan rata-rata hitung, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji-t pada taraf α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata pretest siswa kelas eksperimen = 68,65 dan nilai rata-rata posttest siswa kelas eksperimen = 79,95. Sedangkan nilai rata-rata pretest siswa kelas kontrol = 63,40 dan nilai rata-rata posttest siswa kelas kontrol = 67,45. Berdasarkan analisis data yang diperoleh bahwa data berdistribusi normal dan homogeny. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji-t dan diperoleh �ℎ�����> ������ (4,885 > 1,686), yang berarti hipotesis dapat diterima pada taraf signifikan α = 0,05 dengan dk = �1+�2−2 = 38. Maka dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan model pembelajaran Reciprocal Teaching untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa pada materi bangun datar kelas V SDN 101864 Gunung Rintih T.A 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran Reciprocal Teaching, Literasi Matematika Siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 07:44
Last Modified: 21 Jul 2025 07:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60465

Actions (login required)

View Item
View Item