GINTING, EGI VERBINA BR (2024) PENGARUH METODE INQUIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PELAJARAN IPAS MATERI ORGAN TUBUH MANUSIA DAN HEWAN KELAS V SDN 105268 TELAGA SARI T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
1203311078_Cover.pdf
Download (245kB)
1203311078_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
1203311078_Abstrak.pdf
Download (342kB)
1203311078_Kata_Pengantar.pdf
Download (478kB)
1203311078_Daftar_Isi.pdf
Download (267kB)
1203311078_Daftar_Tabel.pdf
Download (35kB)
1203311078_Daftar_Gambar.pdf
Download (32kB)
1203311078_Daftar_Lampiran.pdf
Download (211kB)
1203311078_BAB_I.pdf
Download (508kB)
1203311078_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1203311078_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (920kB)
1203311078_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1203311078_BAB_V.pdf
Download (239kB)
1203311078_Daftar_Pustaka.pdf
Download (176kB)
1203311078_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode inquiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pelajaran IPAS Materi Organ Tubuh Manusia dan Hewan Kelas V SD Negeri 105268 Telaga Sari T.A 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 105268 Telaga Sari yang berjumlah 62 siswa. Sampel penelitiannya adalah kelas V-A yang berjumlah 32 siswa pada kelas eksperimen dan kelas V-B yang berjumlah 30 siswa pada kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes pilihan ganda, teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji statistik uji-t (t-test) dengan menggunakan SPSS 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan metode pembelajaran inkuiri lebih tinggi dibandingkan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan metode pembelajaran konvensional. Secara statistik hasil posttest siswa pada kelas eksperimen memperoleh rata-rata 76,25 dan pada kelas kontrol rata-rata 64,50. Dengan demikian perbandingan rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa yang berbeda adalah 76,25 > 64,50. Pada uji Independent Sample T-Test menunjukkan Sig. (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Jadi disimpulkan penggunaan metode inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis pada pelajaran IPAS materi organ tubuh manusia dan hewan kelas V SD Negeri 105268 Telaga Sari T.A 2023/2024. Dengan demikian, metode inkuiri ini dapat digunakan dalam pembelajaran IPAS pada tingkat Sekolah Dasar.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Metode Inkuiri, Berpikir Kritis |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 21 Jul 2025 07:48 |
| Last Modified: | 13 Aug 2025 05:00 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60446 |
