PENGARUH METODE INQUIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PELAJARAN IPAS MATERI ORGAN TUBUH MANUSIA DAN HEWAN KELAS V SDN 105268 TELAGA SARI T.A 2023/2024

GINTING, EGI VERBINA BR (2024) PENGARUH METODE INQUIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PELAJARAN IPAS MATERI ORGAN TUBUH MANUSIA DAN HEWAN KELAS V SDN 105268 TELAGA SARI T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203311078_Cover.pdf] Text
1203311078_Cover.pdf

Download (245kB)
[thumbnail of 1203311078_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203311078_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1203311078_Abstrak.pdf] Text
1203311078_Abstrak.pdf

Download (342kB)
[thumbnail of 1203311078_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203311078_Kata_Pengantar.pdf

Download (478kB)
[thumbnail of 1203311078_Daftar_Isi.pdf] Text
1203311078_Daftar_Isi.pdf

Download (267kB)
[thumbnail of 1203311078_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203311078_Daftar_Gambar.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of 1203311078_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203311078_Daftar_Tabel.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of 1203311078_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203311078_Daftar_Lampiran.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 1203311078_BAB_I.pdf] Text
1203311078_BAB_I.pdf

Download (508kB)
[thumbnail of 1203311078_BAB_V.pdf] Text
1203311078_BAB_V.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of 1203311078_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203311078_Daftar_Pustaka.pdf

Download (176kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode inquiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pelajaran IPAS Materi Organ Tubuh Manusia dan Hewan Kelas V SD Negeri 105268 Telaga Sari T.A 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 105268 Telaga Sari yang berjumlah 62 siswa. Sampel penelitiannya adalah kelas V-A yang berjumlah 32 siswa pada kelas eksperimen dan kelas V-B yang berjumlah 30 siswa pada kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes pilihan ganda, teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji statistik uji-t (t-test) dengan menggunakan SPSS 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan metode pembelajaran inkuiri lebih tinggi dibandingkan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan metode pembelajaran konvensional. Secara statistik hasil posttest siswa pada kelas eksperimen memperoleh rata-rata 76,25 dan pada kelas kontrol rata-rata 64,50. Dengan demikian perbandingan rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa yang berbeda adalah 76,25 > 64,50. Pada uji Independent Sample T-Test menunjukkan Sig. (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Jadi disimpulkan penggunaan metode inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis pada pelajaran IPAS materi organ tubuh manusia dan hewan kelas V SD Negeri 105268 Telaga Sari T.A 2023/2024. Dengan demikian, metode inkuiri ini dapat digunakan dalam pembelajaran IPAS pada tingkat Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Metode Inkuiri, Berpikir Kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 07:48
Last Modified: 21 Jul 2025 07:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60446

Actions (login required)

View Item
View Item