PENGEMBANGANMEDIA VEBO (VERB BOARD) BERBASIS CANVA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS IV DI SDN 125554 T.A. 2023/2024 NAGAHUTA

SIAGIAN, DITA MANOTA (2024) PENGEMBANGANMEDIA VEBO (VERB BOARD) BERBASIS CANVA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS IV DI SDN 125554 T.A. 2023/2024 NAGAHUTA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111052_Cover.pdf] Text
1203111052_Cover.pdf

Download (78kB)
[thumbnail of 1203111052_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111052_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (393kB)
[thumbnail of 1203111052_Abstrak.pdf] Text
1203111052_Abstrak.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of 1203111052_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111052_Kata_Pengantar.pdf

Download (460kB)
[thumbnail of 1203111052_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111052_Daftar_Isi.pdf

Download (331kB)
[thumbnail of 1203111052_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111052_Daftar_Gambar.pdf

Download (199kB)
[thumbnail of 1203111052_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111052_Daftar_Tabel.pdf

Download (199kB)
[thumbnail of 1203111052_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111052_Daftar_Lampiran.pdf

Download (197kB)
[thumbnail of 1203111052_BAB_I.pdf] Text
1203111052_BAB_I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1203111052_BAB_V.pdf] Text
1203111052_BAB_V.pdf

Download (523kB)
[thumbnail of 1203111052_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111052_Daftar_Pustaka.pdf

Download (548kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kelayakan pengembangan media pembelajaran VEBO (Verb Board) berbasis canva untuk meningkatkan kemampuan membaca, (2) kepraktikalitasan pengembangan media pembelajaran VEBO (Verb Board) berbasis canva untuk meningkatkan kemampuan membaca, (3) keefektivitasan pengembangan media pembelajaran VEBO (Verb Board) berbasis canva untuk meningkatkan kemampuan membaca. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 125554 T.A. 2023/2024 di Nagahuta. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan Model ADDIE ( Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Adapun hasil dari penelitian ini yaitu (1) skor rata-rata dari validasi ahli media yaitu 44 dengan persentase 91,66% dengan kategori “Sangat Layak”, skor rata-rata dari validasi materi yaitu 37 dengan persentase 92,5% dengan kategori “Sangat Layak”. (2) skor rata-rata dari praktisi pendidikan yaitu guru diperoleh skor 37 dengan persentase 92,5% dengan kategori “Sangat Praktis”. . (3) skor rata-rata pretest-posttest yang meningkat dari 63,81 menjadi 90,75 dengan N Gain Score 75,10 termasuk dalam kategori “Cukup Efektif”. Selain itu, skor rata-rata penilaian kemampuan membaca Kata Kerja Siswa meningkat dari sebelum menggunakan media 68,51 dan setelah menggunakan media menjadi 92,12. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media VEBO (Verb Board) berbasis canva sudah layak, praktis dan efektif dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca Kata Kerja pada pelajaran Bahasa Inggris di kelas IV.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Pembelajaran; VEBO; Bahasa Inggris
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 07:48
Last Modified: 21 Jul 2025 07:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60444

Actions (login required)

View Item
View Item