PENGARUH MEDIA ANIMASI BERBASIS MACROMEDIA FLASH TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI DI SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN

Azni, Sofiyyah (2024) PENGARUH MEDIA ANIMASI BERBASIS MACROMEDIA FLASH TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI DI SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203131052_Cover.pdf] Text
4203131052_Cover.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of 4203131052_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203131052_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (443kB)
[thumbnail of 4203131052_Abstrak.pdf] Text
4203131052_Abstrak.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of 4203131052_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203131052_Kata_Pengantar.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of 4203131052_Daftar_Isi.pdf] Text
4203131052_Daftar_Isi.pdf

Download (349kB)
[thumbnail of 4203131052_BAB_I.pdf] Text
4203131052_BAB_I.pdf

Download (427kB)
[thumbnail of 4203131052_BAB_V.pdf] Text
4203131052_BAB_V.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of 4203131052_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203131052_Daftar_Pustaka.pdf

Download (349kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media animasi berbasis macromedia flash terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi laju reaksi serta korelasi yang signifikan antara minat dan hasil belajar siswa yang menggunakan media animasi berbasis macromedia flash pada materi laju reaksi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan sebanyak dua kelas yakni kelas XI Matlangraf sebagai kelas eksperimen dan kelas XI Matlanko 3 sebagai kelas kontrol yang diambil dengan teknik random sampling. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah skor angket minat dan hasil belajar sebelum dan sesudah pembelajaran, angket dalam bentuk pernyataan dan soal dalam bentuk objektif. Hasil penelitian menujukkan bahwa adanya pengaruh media animasi berbasis macromedia model pembelajaran terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi laju reaksi di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai rata-rata minat belajar kelas eksperimen yaitu 86,71 dan kelas kontrol yaitu 83,79. Begitupun dengan nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen yaitu 80,57 dan kelas kontrol yaitu 75,29. Dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh bahwa thitung > ttabel = 3,108 > 1,668. Hasil minat belajar siswa dengan menggunakan uji-t diperoleh bahwa thitung > ttabel = 4,043 > 1,668. Hubungan antara minat dan hasil belajar siswa menunjukkan bahwa korelasinya sebesar 0,623 (korelasi tinggi).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 541.394 Azn p
Keywords: Minat belajar; Hasil belajar; Macromedia flash; Animasi; Laju reaksi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 03 Jun 2025 04:00
Last Modified: 03 Jun 2025 04:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60442

Actions (login required)

View Item
View Item