PENGEMBANGAN MEDIA SPINNING WHEEL PADA PEMBELAJARAN IPAS MATERI INDONESIAKU KAYA RAYA DI KELAS V SD NEGERI 081234 SIBOLGA

ANANDA, DISAH TRI (2024) PENGEMBANGAN MEDIA SPINNING WHEEL PADA PEMBELAJARAN IPAS MATERI INDONESIAKU KAYA RAYA DI KELAS V SD NEGERI 081234 SIBOLGA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203311005_Cover.pdf] Text
1203311005_Cover.pdf

Download (264kB)
[thumbnail of 1203311005_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203311005_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (597kB)
[thumbnail of 1203311005_Abstrak.pdf] Text
1203311005_Abstrak.pdf

Download (391kB)
[thumbnail of 1203311005_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203311005_Kata_Pengantar.pdf

Download (450kB)
[thumbnail of 1203311005_Daftar_Isi.pdf] Text
1203311005_Daftar_Isi.pdf

Download (286kB)
[thumbnail of 1203311005_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203311005_Daftar_Gambar.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of 1203311005_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203311005_Daftar_Tabel.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of 1203311005_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203311005_Daftar_Lampiran.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of 1203311005_BAB_I.pdf] Text
1203311005_BAB_I.pdf

Download (528kB)
[thumbnail of 1203311005_BAB_V.pdf] Text
1203311005_BAB_V.pdf

Download (389kB)
[thumbnail of 1203311005_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203311005_Daftar_Pustaka.pdf

Download (393kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana kelayakan pengembangan media pembelajaran, mengetahui praktikalitas dan efektivitas pengembangan media spinning wheel pada pembelajaran IPAS materi Indonesiaku Kaya Raya dengan topik Indonesiaku Kaya Hayatinya di kelas V SD Negeri 081234 Sibolga. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V dan objek penelitian ini adalah media spinning wheel. Hasil validasi materi oleh ahli materi memperoleh persentase 92% kategori “Sangat Layak” dan validasi media oleh ahli media memperoleh persentase 92% kategori “Sangat Layak”. Uji praktikalitas oleh praktisi pendidikan memperoleh persentase 93% kategori “Sangat Praktis”. Hasil uji efektivitas media melalui pretest memperoleh rata-rata 49,17 dengan persentase ketuntasan 12,5% kategori “Tidak Efektif” sedangkan pada posttest memperoleh rata-rata 77,29 memperoleh rata-rata 83,33 dengan persentase ketuntasan 100% kategori “Sangat Efektif”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media spinning wheel yang dikembangkan sudah layak, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Pembelajaran, Pengembangan, Spinning Wheel, Indonesiaku Kaya Raya
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 07:49
Last Modified: 21 Jul 2025 07:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60441

Actions (login required)

View Item
View Item