ANANDA, DISAH TRI (2024) PENGEMBANGAN MEDIA SPINNING WHEEL PADA PEMBELAJARAN IPAS MATERI INDONESIAKU KAYA RAYA DI KELAS V SD NEGERI 081234 SIBOLGA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1203311005_Cover.pdf
Download (264kB)
1203311005_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (597kB)
1203311005_Abstrak.pdf
Download (391kB)
1203311005_Kata_Pengantar.pdf
Download (450kB)
1203311005_Daftar_Isi.pdf
Download (286kB)
1203311005_Daftar_Tabel.pdf
Download (248kB)
1203311005_Daftar_Gambar.pdf
Download (248kB)
1203311005_Daftar_Lampiran.pdf
Download (248kB)
1203311005_BAB_I.pdf
Download (528kB)
1203311005_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1203311005_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (893kB)
1203311005_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1203311005_BAB_V.pdf
Download (389kB)
1203311005_Daftar_Pustaka.pdf
Download (393kB)
1203311005_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana kelayakan pengembangan media pembelajaran, mengetahui praktikalitas dan efektivitas pengembangan media spinning wheel pada pembelajaran IPAS materi Indonesiaku Kaya Raya dengan topik Indonesiaku Kaya Hayatinya di kelas V SD Negeri 081234 Sibolga. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V dan objek penelitian ini adalah media spinning wheel. Hasil validasi materi oleh ahli materi memperoleh persentase 92% kategori “Sangat Layak” dan validasi media oleh ahli media memperoleh persentase 92% kategori “Sangat Layak”. Uji praktikalitas oleh praktisi pendidikan memperoleh persentase 93% kategori “Sangat Praktis”. Hasil uji efektivitas media melalui pretest memperoleh rata-rata 49,17 dengan persentase ketuntasan 12,5% kategori “Tidak Efektif” sedangkan pada posttest memperoleh rata-rata 77,29 memperoleh rata-rata 83,33 dengan persentase ketuntasan 100% kategori “Sangat Efektif”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media spinning wheel yang dikembangkan sudah layak, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran di Sekolah Dasar.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Media Pembelajaran, Pengembangan, Spinning Wheel, Indonesiaku Kaya Raya |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 21 Jul 2025 07:49 |
| Last Modified: | 13 Aug 2025 04:54 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60441 |
