PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPAS BERBASIS GOOGLE SLIDE MATERI MAGNET, LISTRIK, DAN TEKNOLOGI UNTUK KEHIDUPAN, KELAS V SD MUHAMMADIYAH 21 MEDAN

FITRIANI, DINI (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPAS BERBASIS GOOGLE SLIDE MATERI MAGNET, LISTRIK, DAN TEKNOLOGI UNTUK KEHIDUPAN, KELAS V SD MUHAMMADIYAH 21 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203311053_Cover.pdf] Text
1203311053_Cover.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of 1203311053_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203311053_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1203311053_Abstrak.pdf] Text
1203311053_Abstrak.pdf

Download (234kB)
[thumbnail of 1203311053_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203311053_Kata_Pengantar.pdf

Download (250kB)
[thumbnail of 1203311053_Daftar_Isi.pdf] Text
1203311053_Daftar_Isi.pdf

Download (258kB)
[thumbnail of 1203311053_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203311053_Daftar_Gambar.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of 1203311053_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203311053_Daftar_Tabel.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of 1203311053_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203311053_Daftar_Lampiran.pdf

Download (108kB)
[thumbnail of 1203311053_BAB_I.pdf] Text
1203311053_BAB_I.pdf

Download (371kB)
[thumbnail of 1203311053_BAB_V.pdf] Text
1203311053_BAB_V.pdf

Download (226kB)
[thumbnail of 1203311053_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203311053_Daftar_Pustaka.pdf

Download (203kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan
keefektivitasan produk bahan ajar IPAS Berbasis Google Slide Materi Magnet,
Listrik, dan Teknologi Untuk Kehidupan Kelas V SD Muhammadiyah 21 Medan.
Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and
Development (R&D) Model 4D yakni Define, Design, Development and
Dissemination. Adapun subjek penelitiannya adalah siswa kelas V-A SD
Muhammadiyah 21 Medan. Sedangkan instrumen atau alat pengumpulan datanya
adalah lembar observasi, lembar wawancara, angket validasi materi dan desain
teknologi, angket validasi praktisi pendidikan dan soal tes. Hasil penelitian ini
adalah bahan ajar IPAS Berbasis Google Slide dengan meliputi 3 aspek yakni :
penilaian terhadap aspek kelayakan isi materi dengan hasil persentase 77%
(Valid/Layak digunakan). Aspek kelayakan kelayakan tampilan desain dan
teknologi dengan persentase 81% (Valid/Layak untuk digunakan). Aspek
praktikalitas diperoleh hasil persentase 93,3% (Valid/Layak untuk digunakan).
Sedangkan untuk hasil efektifitas dari pre-test dan post-test dengan persentase
80,28%. Berdasarkan hasil uji kelayakan, kepraktisan dan keefektifitasan produk
ini maka dapat disimpulkan bahwa Bahan Ajar IPAS Berbasis Google Slide ini
sangat layak, praktis dan efektif untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Bahan Ajar IPAS, Berbasis Google Slide, Siswa Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 07:49
Last Modified: 21 Jul 2025 07:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60439

Actions (login required)

View Item
View Item