PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ISPRING SUITE PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV SD NEGERI 106 AEK GALOGA

ANUGRAH, DINDA BORU (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ISPRING SUITE PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV SD NEGERI 106 AEK GALOGA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111006_Cover.pdf] Text
1203111006_Cover.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of 1203111006_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111006_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of 1203111006_Abstrak.pdf] Text
1203111006_Abstrak.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of 1203111006_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111006_Kata_Pengantar.pdf

Download (320kB)
[thumbnail of 1203111006_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111006_Daftar_Isi.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of 1203111006_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111006_Daftar_Gambar.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of 1203111006_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111006_Daftar_Tabel.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of 1203111006_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111006_Daftar_Lampiran.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of 1203111006_BAB_I.pdf] Text
1203111006_BAB_I.pdf

Download (433kB)
[thumbnail of 1203111006_BAB_V.pdf] Text
1203111006_BAB_V.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of 1203111006_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111006_Daftar_Pustaka.pdf

Download (232kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis Ispring Suite yang valid, praktis, dan efektif pada mata pelajaran IPAS di Kelas IV SDN 106 Aek Galoga. Permasalahan awal yang terjadi adalah belum pernah adanya media pembelajaran berbasis Ispring Suite yang dikembangkan sehingga berdampak terhadap minat belajar siswa kelas IV-A SDN 106 Aek Galoga. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV-A SDN 106 Aek Galoga yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, angket, dan tes. Instrument penelitian yang digunakan yaitu: pedoman wawancara, angket validasi ahli desain materi, ahli desain media, ahli praktisi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif. Data Kualitatif diperoleh dari hasil wawancara, saran dari validator materi, desain media, dan guru. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli desain media, guru dan siswa. Hasil penilaian kevalidan oleh validator ahli materi sebesar 76% dengan kriteria “Valid”, dan penilaian oleh validator ahli desain media sebesar 95% dengan kriteria “Sangat Valid”. Selanjutnya penilaian kepraktisan oleh ahli praktisi kelas IV-A sebesar 94% dan penilaian respon siswa memperoleh skor 93% dengan kriteria “Sangat Praktis”. Adapun hasil penilaian keefektifan oleh siswa terjadi peningkatan dapat dilihat dari hasil Pre-Test dan Post-Test. Hasil pre-test sebesar 43% dan hasil post-test sebesar 83%. Berdasarkan hasil uraian di atas dapat disimpulkan bahwa penelitian dan pengembangan ini menghasilkan sebuah produk berupa media pembelajaran berbasis Ispring Suite yang valid, praktis dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran di kelas IV-A SDN 106 Aek Galoga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Ispring Suite, Media Pembelajaran, Pembelajaran IPAS.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 07:50
Last Modified: 21 Jul 2025 07:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60420

Actions (login required)

View Item
View Item