PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA WORDWALLTERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI 101773 KOLAM T.A 2023 / 2024

AULIA, DINA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA WORDWALLTERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI 101773 KOLAM T.A 2023 / 2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1202111008_Cover.pdf] Text
1202111008_Cover.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of 1202111008_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1202111008_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1202111008_Abstrak.pdf] Text
1202111008_Abstrak.pdf

Download (325kB)
[thumbnail of 1202111008_Kata_Pengantar.pdf] Text
1202111008_Kata_Pengantar.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of 1202111008_Daftar_Isi.pdf] Text
1202111008_Daftar_Isi.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of 1202111008_Daftar_Gambar.pdf] Text
1202111008_Daftar_Gambar.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of 1202111008_Daftar_Tabel.pdf] Text
1202111008_Daftar_Tabel.pdf

Download (108kB)
[thumbnail of 1202111008_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1202111008_Daftar_Lampiran.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 1202111008_BAB_I.pdf] Text
1202111008_BAB_I.pdf

Download (510kB)
[thumbnail of 1202111008_BAB_V.pdf] Text
1202111008_BAB_V.pdf

Download (348kB)
[thumbnail of 1202111008_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1202111008_Daftar_Pustaka.pdf

Download (301kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran Discovery learning berbantuan media Wordwall terhadap hasil belajar siswa pada materi Keragaman Budaya Indonesia Kelas IV SD Negeri 101773 Kolam T.A 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen yang menggunakan desain Pre-Experimental tipe One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian dilaksanakan di kelas IVA SDN 101773 Kolam yang berjumlah 30 siswa. Instrumen penelitian terdiri dari tes pilihan ganda sebanyak 20 butir soal yang terlebih dahulu telah di uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, dan uji hipotesis. Dari analisis data pretest yang dilakukan, ditemukan bahwa 5 siswa tuntas dengan persentase 16,7% dan 24 siswa dinyatakan tidak tuntas dengan persentase 83,3%, dan untuk rata-rata nilai hasil belajar pretest adalah 49,17 dengan nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 20. Setelah diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning berbantuan media wordwall dan diberi posttest dengan soal yang sama seperti soal pretest maka ditemukan bahwa nilai posttest siswa dengan kategori tuntas sebanyak 24 siswa dengan persentase 80% dan 6 siswa dengan kategori tidak tuntas dengan persentase 20%, dan untuk rata-rata nillai hasil belajar siswa pada posttest sebesar 75,17 dengan nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 55. Hasil perhitungan hipotesis yang diperoleh > yaitu 2,591 > 2,045 pada taraf siginifikan 5% dan α = 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Discovery learning berbantuan media Wordwall terhadap hasil belajar siswa pada materi Keragaman Budaya Indonesia Kelas IV SD Negeri 101773 Kolam T.A 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Discovery learning, Wordwall, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 07:50
Last Modified: 21 Jul 2025 07:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60415

Actions (login required)

View Item
View Item