Napitupulu, Samuel Ebenezer (2024) PENGARUH MEDIA ULAR TANGGA DALAM PEMBELAJARAN ASAM BASA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN RESPON. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4203331003_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331003_Cover.pdf
Download (56kB)
![[thumbnail of 4203331003_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331003_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (453kB)
![[thumbnail of 4203331003_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331003_Abstrak.pdf
Download (307kB)
![[thumbnail of 4203331003_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331003_Kata_Pengantar.pdf
Download (248kB)
![[thumbnail of 4203331003_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331003_Daftar_Isi.pdf
Download (176kB)
![[thumbnail of 4203331003_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331003_BAB_I.pdf
Download (446kB)
![[thumbnail of 4203331003_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331003_BAB_V.pdf
Download (246kB)
![[thumbnail of 4203331003_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331003_Daftar_Pustaka.pdf
Download (444kB)
Abstract
Penelitian dilaksanakan di SMAN 5 Medan. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui pengaruh media ular tangga dengan model koooperatif teams games tournament terhadap peningkatan hasil belajar pada materi asam basa; (2) mengetahui respon siswa terhadap penggunaan media ular tangga yang menggunakan model kooperatif tipe teams games tournament pada materi asam basa.; (3) mengetahui korelasi yang positif dan signifikan antara respon siswa dengan peningkatan hasil belajar yang dibelajarkan dengan media ular tangga yang menggunakan model kooperatif tipe teams games tournament pada materi asam basa. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling, kelas pertama dijadikan kelas eksperimen dan kelas kedua dijadikan kelas kontrol. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t-satu pihak kanan, hasil penelitian pada taraf signifikasi = 0,05 menunjukkan bahwa thitung > ttabel (6,46 > 1,99) maka Ha diterima terdapat pengaruh media ular tangga dengan model koooperatif teams games tournament terhadap peningkatan hasil belajar pada materi asam basa. Peningkatan hasil belajar siswa diperoleh pada kelas eksperimen 69,55% dan kelas kontrol 50,13%. Respon terhadap media ular tangga dengan model kooperatif tipe teams games tournament adalah 75,38% termasuk kategori tertarik. Uji korelasi respon terhadap peningkatan Peningkatan hasil belajar siswa menunjukkan rhitung > rtabel(0,34 > 0,27) maka Ha diterima terdapat korelasi positif dan signifikan antara respon siswa dengan peningkatan Peningkatan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 546.071 2 Nap p |
Keywords: | Pembelajaran kooperatif; Teams games tournament; Media ular tangga; Permainan powerpoint, dan peningkatan hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 27 May 2025 07:01 |
Last Modified: | 27 May 2025 07:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60411 |