PENGARUH MEDIA ULAR TANGGA DALAM PEMBELAJARAN ASAM BASA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN RESPON

Napitupulu, Samuel Ebenezer (2024) PENGARUH MEDIA ULAR TANGGA DALAM PEMBELAJARAN ASAM BASA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN RESPON. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203331003_Cover.pdf] Text
4203331003_Cover.pdf

Download (56kB)
[thumbnail of 4203331003_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203331003_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (453kB)
[thumbnail of 4203331003_Abstrak.pdf] Text
4203331003_Abstrak.pdf

Download (307kB)
[thumbnail of 4203331003_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203331003_Kata_Pengantar.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of 4203331003_Daftar_Isi.pdf] Text
4203331003_Daftar_Isi.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of 4203331003_BAB_I.pdf] Text
4203331003_BAB_I.pdf

Download (446kB)
[thumbnail of 4203331003_BAB_V.pdf] Text
4203331003_BAB_V.pdf

Download (246kB)
[thumbnail of 4203331003_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203331003_Daftar_Pustaka.pdf

Download (444kB)

Abstract

Penelitian dilaksanakan di SMAN 5 Medan. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui pengaruh media ular tangga dengan model koooperatif teams games tournament terhadap peningkatan hasil belajar pada materi asam basa; (2) mengetahui respon siswa terhadap penggunaan media ular tangga yang menggunakan model kooperatif tipe teams games tournament pada materi asam basa.; (3) mengetahui korelasi yang positif dan signifikan antara respon siswa dengan peningkatan hasil belajar yang dibelajarkan dengan media ular tangga yang menggunakan model kooperatif tipe teams games tournament pada materi asam basa. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling, kelas pertama dijadikan kelas eksperimen dan kelas kedua dijadikan kelas kontrol. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t-satu pihak kanan, hasil penelitian pada taraf signifikasi = 0,05 menunjukkan bahwa thitung > ttabel (6,46 > 1,99) maka Ha diterima terdapat pengaruh media ular tangga dengan model koooperatif teams games tournament terhadap peningkatan hasil belajar pada materi asam basa. Peningkatan hasil belajar siswa diperoleh pada kelas eksperimen 69,55% dan kelas kontrol 50,13%. Respon terhadap media ular tangga dengan model kooperatif tipe teams games tournament adalah 75,38% termasuk kategori tertarik. Uji korelasi respon terhadap peningkatan Peningkatan hasil belajar siswa menunjukkan rhitung > rtabel(0,34 > 0,27) maka Ha diterima terdapat korelasi positif dan signifikan antara respon siswa dengan peningkatan Peningkatan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 546.071 2 Nap p
Keywords: Pembelajaran kooperatif; Teams games tournament; Media ular tangga; Permainan powerpoint, dan peningkatan hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 27 May 2025 07:01
Last Modified: 27 May 2025 07:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60411

Actions (login required)

View Item
View Item