WULANDARI, DHEA RETNO (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE-RELEVANCE-INTEREST-ASSESSMENT- SATISFACTION) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PELAJARAN IPAS KELASV SD NEGERI 023972 KECAMATAN BINJAI KOTA. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1203311098_Cover.PDF]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311098_Cover.PDF
Download (5MB)
![[thumbnail of 1203311098_Lembar_Pengesahan.PDF]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311098_Lembar_Pengesahan.PDF
Download (5MB)
![[thumbnail of 1203311098_Abstrak.PDF]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311098_Abstrak.PDF
Download (5MB)
![[thumbnail of 1203311098_Kata_Pengantar.PDF]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311098_Kata_Pengantar.PDF
Download (5MB)
![[thumbnail of 1203311098_Daftar_Isi.PDF]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311098_Daftar_Isi.PDF
Download (5MB)
![[thumbnail of 1203311098_Daftar_Gambar.PDF]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311098_Daftar_Gambar.PDF
Download (5MB)
![[thumbnail of 1203311098_Daftar_Tabel.PDF]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311098_Daftar_Tabel.PDF
Download (5MB)
![[thumbnail of 1203311098_Daftar_Lampiran.PDF]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311098_Daftar_Lampiran.PDF
Download (5MB)
![[thumbnail of 1203311098_BAB_I.PDF]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311098_BAB_I.PDF
Download (6MB)
![[thumbnail of 1203311098_BAB_V.PDF]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311098_BAB_V.PDF
Download (5MB)
![[thumbnail of 1203311098_Daftar_Pustaka.PDF]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311098_Daftar_Pustaka.PDF
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk pengaruh penggunaan model belajar ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) pada hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 023972 Kecamatan Binjai Kota. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitaif. Populasi pada penelitian yaitu siswa kelas V SD Negeri 023972 Kecamatan Binjai Kota dengan total 39 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri atas observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesisi. Hasil penelitian menunjukkan model ARIAS mempunyai pengaruh pada peningkatan hasil belajar siswa. Sesuai dengan hasil pretest serta posttest di atas menunjukkan pada hasil pretest dari 20 siswa ada 6 siswa dengan persentase 30% mendapat nilai melebihi 70 dan sisanya 14 siswa dengan persentase 70% mendapat nilai di bawah 70. Pada hasil posttest dari 20 siswa ada 14 siswa dengan persentase 70% mendapat nilai melebihi 70 dan sisanya 6 siswa dengan persentase 30% mendapat nilai di bawah 70. Sesuai tabel ouput Independent Sample Test, bagian Equal variances assumed terlihat angka Sig. (2-tailed) 0,012 < 0,05, sehingga sesuai dasar untuk mengambil keputusan uji independent sample t test dinyatakan H0 ditolak serta Ha diterima. Maka dikatakan ada beda signifikan angka perlakuan/treatmeant (memakai model pembelajaran langsung) dengan nilai sesudah perlakuan/treatmeant (menggunakan model ARIAS).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran, ARIAS, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 07:51 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 07:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60404 |