PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE-RELEVANCE-INTEREST-ASSESSMENT- SATISFACTION) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PELAJARAN IPAS KELASV SD NEGERI 023972 KECAMATAN BINJAI KOTA

WULANDARI, DHEA RETNO (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE-RELEVANCE-INTEREST-ASSESSMENT- SATISFACTION) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PELAJARAN IPAS KELASV SD NEGERI 023972 KECAMATAN BINJAI KOTA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203311098_Cover.PDF] Text
1203311098_Cover.PDF

Download (5MB)
[thumbnail of 1203311098_Lembar_Pengesahan.PDF] Text
1203311098_Lembar_Pengesahan.PDF

Download (5MB)
[thumbnail of 1203311098_Abstrak.PDF] Text
1203311098_Abstrak.PDF

Download (5MB)
[thumbnail of 1203311098_Kata_Pengantar.PDF] Text
1203311098_Kata_Pengantar.PDF

Download (5MB)
[thumbnail of 1203311098_Daftar_Isi.PDF] Text
1203311098_Daftar_Isi.PDF

Download (5MB)
[thumbnail of 1203311098_Daftar_Gambar.PDF] Text
1203311098_Daftar_Gambar.PDF

Download (5MB)
[thumbnail of 1203311098_Daftar_Tabel.PDF] Text
1203311098_Daftar_Tabel.PDF

Download (5MB)
[thumbnail of 1203311098_Daftar_Lampiran.PDF] Text
1203311098_Daftar_Lampiran.PDF

Download (5MB)
[thumbnail of 1203311098_BAB_I.PDF] Text
1203311098_BAB_I.PDF

Download (6MB)
[thumbnail of 1203311098_BAB_V.PDF] Text
1203311098_BAB_V.PDF

Download (5MB)
[thumbnail of 1203311098_Daftar_Pustaka.PDF] Text
1203311098_Daftar_Pustaka.PDF

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk pengaruh penggunaan model belajar ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) pada hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 023972 Kecamatan Binjai Kota. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitaif. Populasi pada penelitian yaitu siswa kelas V SD Negeri 023972 Kecamatan Binjai Kota dengan total 39 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri atas observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesisi. Hasil penelitian menunjukkan model ARIAS mempunyai pengaruh pada peningkatan hasil belajar siswa. Sesuai dengan hasil pretest serta posttest di atas menunjukkan pada hasil pretest dari 20 siswa ada 6 siswa dengan persentase 30% mendapat nilai melebihi 70 dan sisanya 14 siswa dengan persentase 70% mendapat nilai di bawah 70. Pada hasil posttest dari 20 siswa ada 14 siswa dengan persentase 70% mendapat nilai melebihi 70 dan sisanya 6 siswa dengan persentase 30% mendapat nilai di bawah 70. Sesuai tabel ouput Independent Sample Test, bagian Equal variances assumed terlihat angka Sig. (2-tailed) 0,012 < 0,05, sehingga sesuai dasar untuk mengambil keputusan uji independent sample t test dinyatakan H0 ditolak serta Ha diterima. Maka dikatakan ada beda signifikan angka perlakuan/treatmeant (memakai model pembelajaran langsung) dengan nilai sesudah perlakuan/treatmeant (menggunakan model ARIAS).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran, ARIAS, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 07:51
Last Modified: 21 Jul 2025 07:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60404

Actions (login required)

View Item
View Item