WULANDARI, DHEA RETNO (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE-RELEVANCE-INTEREST-ASSESSMENT- SATISFACTION) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PELAJARAN IPAS KELASV SD NEGERI 023972 KECAMATAN BINJAI KOTA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1203311098_Cover.PDF
Download (5MB)
1203311098_Lembar_Pengesahan.PDF
Download (5MB)
1203311098_Abstrak.PDF
Download (5MB)
1203311098_Kata_Pengantar.PDF
Download (5MB)
1203311098_Daftar_Isi.PDF
Download (5MB)
1203311098_Daftar_Tabel.PDF
Download (5MB)
1203311098_Daftar_Gambar.PDF
Download (5MB)
1203311098_Daftar_Lampiran.PDF
Download (5MB)
1203311098_BAB_I.PDF
Download (6MB)
1203311098_BAB_II.PDF
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
1203311098_BAB_III.PDF
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
1203311098_BAB_IV.PDF
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
1203311098_BAB_V.PDF
Download (5MB)
1203311098_Daftar_Pustaka.PDF
Download (5MB)
1203311098_Lampiran.PDF
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk pengaruh penggunaan model belajar ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) pada hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 023972 Kecamatan Binjai Kota. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitaif. Populasi pada penelitian yaitu siswa kelas V SD Negeri 023972 Kecamatan Binjai Kota dengan total 39 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri atas observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesisi. Hasil penelitian menunjukkan model ARIAS mempunyai pengaruh pada peningkatan hasil belajar siswa. Sesuai dengan hasil pretest serta posttest di atas menunjukkan pada hasil pretest dari 20 siswa ada 6 siswa dengan persentase 30% mendapat nilai melebihi 70 dan sisanya 14 siswa dengan persentase 70% mendapat nilai di bawah 70. Pada hasil posttest dari 20 siswa ada 14 siswa dengan persentase 70% mendapat nilai melebihi 70 dan sisanya 6 siswa dengan persentase 30% mendapat nilai di bawah 70. Sesuai tabel ouput Independent Sample Test, bagian Equal variances assumed terlihat angka Sig. (2-tailed) 0,012 < 0,05, sehingga sesuai dasar untuk mengambil keputusan uji independent sample t test dinyatakan H0 ditolak serta Ha diterima. Maka dikatakan ada beda signifikan angka perlakuan/treatmeant (memakai model pembelajaran langsung) dengan nilai sesudah perlakuan/treatmeant (menggunakan model ARIAS).
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Model Pembelajaran, ARIAS, Hasil Belajar |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 21 Jul 2025 07:51 |
| Last Modified: | 13 Aug 2025 03:50 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60404 |
