SUCITRA, DELA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW BERBANTUAN MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS IV UPTD SD NEGERI 014646 AIR TELUK KIRI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1203311125_Cover.pdf
Download (190kB)
1203311125_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (794kB)
1203311125_Abstrak.pdf
Download (205kB)
1203311125_Kata_Pengantar.pdf
Download (263kB)
1203311125_Daftar_Isi.pdf
Download (209kB)
1203311125_Daftar_Tabel.pdf
Download (156kB)
1203311125_Daftar_Gambar.pdf
Download (125kB)
1203311125_Daftar_Lampiran.pdf
Download (125kB)
1203311125_BAB_I.pdf
Download (369kB)
1203311125_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (597kB)
1203311125_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (711kB)
1203311125_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (771kB)
1203311125_BAB_V.pdf
Download (198kB)
1203311125_Daftar_Pustaka.pdf
Download (186kB)
1203311125_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran
IPAS Topik A Indonesiaku Kaya Budaya di Kelas IV UPTD SD Negeri 014646 Air
Teluk Kiri. Penelitiaan ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Pre-
Eksperimental. Bentuk Pre-Eksperimental yang digunakan adalah One Group
Pretest-Posttest Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV UPTD
SD Negeri 014646 Air Teluk Kiri berjumlah 30 orang siswa. Objek dalam penelitian
ini adalah model pembelajaran Jigsaw. Berdasarkan hasil analisis data pada pre-test
menunjukkan bahwa dari 30 siswa terdapat 4 siswa yang tuntas dengan ketuntasan
klasikal sebesar 13,3% dan yang tidak tuntas terdapat 26 siswa dengan ketuntasan
klasikal sebesar 86,7%, nilai rata-rata pre-test adalah 56,33. Hasil belajar siswa
menunjukkan bahwa tingkat keberhasilan atau tingkat ketuntasan klasikal masih
rendah. Untuk itu harus ditindaklanjuti dengan pelaksanaan pembelajaran
menggunakan model pembelajaran Jigsaw. Setelah model pembelajaran Jigsaw
dilaksanakan, hasil yang diperoleh siswa pada post-test terdapat 28 siswa yang
tuntas dengan persentase klasikal 93,3% dan yang belum tuntas sebanyak 2 siswa
dengan persentase 6,6%, nilai rata-rata dalam post-test 80,16. Dengan rata-rata
yang nilai yang mengalami peningkatan dan tingkat keberhasilan belajar atau
ketuntasan klasikal ada dalam kriteria baik, dapat disimpulkan bahwa model
pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar pada materi Indonesiaku
Kaya Budaya di Kelas IV UPTD SD Negeri 014646 Air Teluk Kiri
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Hasil Belajar, Jigsaw, IPAS, Eksperimen |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 21 Jul 2025 07:54 |
| Last Modified: | 13 Aug 2025 03:20 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60373 |
