PENGARUH METODE BERMAIN BISIK BERANTAI TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V UPT SPF SD N 101771 TEMBUNG T.A 2023/2024

MANALU, DEBORA (2024) PENGARUH METODE BERMAIN BISIK BERANTAI TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V UPT SPF SD N 101771 TEMBUNG T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111092_Cover.pdf] Text
1203111092_Cover.pdf

Download (39kB)
[thumbnail of 1203111092_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111092_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (376kB)
[thumbnail of 1203111092_Abstrak.pdf] Text
1203111092_Abstrak.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of 1203111092_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111092_Kata_Pengantar.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 1203111092_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111092_Daftar_Isi.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of 1203111092_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111092_Daftar_Gambar.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of 1203111092_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111092_Daftar_Tabel.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of 1203111092_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111092_Daftar_Lampiran.pdf

Download (81kB)
[thumbnail of 1203111092_BAB_I.pdf] Text
1203111092_BAB_I.pdf

Download (413kB)
[thumbnail of 1203111092_BAB_V.pdf] Text
1203111092_BAB_V.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of 1203111092_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111092_Daftar_Pustaka.pdf

Download (174kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas V dengan menggunakan metode bermain bisik berantai di UPT SPF SD N 101771 Tembung pada tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen Kuasi (Quasi Experimental Design). Hasil observasi pada penelitian ini menunjukkan rendahnya kemampuan siswa dalam menyimak, terutama pada pelajaran bahasa Indonesia, dengan 83% siswa belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Hal ini disebabkan oleh rendahnya konsentrasi siswa saat menyimak materi yang kurang menarik dan kurangnya interaksi yang baik selama pembelajaran, yang menyebabkan siswa merasa bosan dan jenuh. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode Penelitian Eksperimen Kuasi (Quasi Experimental Design). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V, terdiri dari 2 kelas dengan total 60 siswa. Berdasarkan analisis di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode bermain bisik berantai dapat meningkatkan keterampilan menyimak bahasa Indonesia dengan pokok bahasan mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik cerita pendek terbukti dari rata-rata keterampilan menyimak pada pretest dikelas eskperimen atau kelas yang mendapat perlakuan yaitu 45,67 meningkat pada posstest menjadi 81,5.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Metode bermain bisik berantai, Keterampilan, Menyimak
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 07:54
Last Modified: 21 Jul 2025 07:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60371

Actions (login required)

View Item
View Item