MANALU, DEBORA (2024) PENGARUH METODE BERMAIN BISIK BERANTAI TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V UPT SPF SD N 101771 TEMBUNG T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
1203111092_Cover.pdf
Download (39kB)
1203111092_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (376kB)
1203111092_Abstrak.pdf
Download (233kB)
1203111092_Kata_Pengantar.pdf
Download (212kB)
1203111092_Daftar_Isi.pdf
Download (179kB)
1203111092_Daftar_Tabel.pdf
Download (84kB)
1203111092_Daftar_Gambar.pdf
Download (122kB)
1203111092_Daftar_Lampiran.pdf
Download (81kB)
1203111092_BAB_I.pdf
Download (413kB)
1203111092_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (889kB)
1203111092_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (818kB)
1203111092_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1203111092_BAB_V.pdf
Download (174kB)
1203111092_Daftar_Pustaka.pdf
Download (174kB)
1203111092_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas V dengan menggunakan metode bermain bisik berantai di UPT SPF SD N 101771 Tembung pada tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen Kuasi (Quasi Experimental Design). Hasil observasi pada penelitian ini menunjukkan rendahnya kemampuan siswa dalam menyimak, terutama pada pelajaran bahasa Indonesia, dengan 83% siswa belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Hal ini disebabkan oleh rendahnya konsentrasi siswa saat menyimak materi yang kurang menarik dan kurangnya interaksi yang baik selama pembelajaran, yang menyebabkan siswa merasa bosan dan jenuh. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode Penelitian Eksperimen Kuasi (Quasi Experimental Design). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V, terdiri dari 2 kelas dengan total 60 siswa. Berdasarkan analisis di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode bermain bisik berantai dapat meningkatkan keterampilan menyimak bahasa Indonesia dengan pokok bahasan mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik cerita pendek terbukti dari rata-rata keterampilan menyimak pada pretest dikelas eskperimen atau kelas yang mendapat perlakuan yaitu 45,67 meningkat pada posstest menjadi 81,5.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Metode bermain bisik berantai, Keterampilan, Menyimak |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 21 Jul 2025 07:54 |
| Last Modified: | 13 Aug 2025 03:08 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60371 |
