PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV SDS PLUS KASIH IBU KEC. PATUMBAK T.A 2023/2024

PERAMUDIYA, DEA AYU (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV SDS PLUS KASIH IBU KEC. PATUMBAK T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203311088_Cover.pdf] Text
1203311088_Cover.pdf

Download (56kB)
[thumbnail of 1203311088_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203311088_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1203311088_Abstrak.pdf] Text
1203311088_Abstrak.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of 1203311088_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203311088_Kata_Pengantar.pdf

Download (498kB)
[thumbnail of 1203311088_Daftar_Isi.pdf] Text
1203311088_Daftar_Isi.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of 1203311088_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203311088_Daftar_Gambar.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 1203311088_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203311088_Daftar_Tabel.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 1203311088_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203311088_Daftar_Lampiran.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of 1203311088_BAB_I.pdf] Text
1203311088_BAB_I.pdf

Download (448kB)
[thumbnail of 1203311088_BAB_V.pdf] Text
1203311088_BAB_V.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of 1203311088_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203311088_Daftar_Pustaka.pdf

Download (305kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS Materi Mengubah Bentuk Energi di kelas IV SD Swasta Plus Kasih Ibu Kec. Patumbak T.A 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasy Eksperimen. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV A dan IV B yang berjumlah 40 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pilihan berganda dan tenik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis data rata-rata nilai pretest pada kelas eksperimen sebelum menggunakan model inquiry learning adalah 46,25 dan pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran tatap muka adalah 51,00. Setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran inquiry learning pada kelas eksperimen nilai rata-rata hasil postest meningkat menjadi 76,25 sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata menjadi 63,00. Dari hasil uji persyaratan analisis data, data berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen serta hasil pengujian hipotesis diperoleh harga t hitung = -9,247 < t tabel = 1.729 df = n-1 (19 = 1.729) tetapi pada kriteria pengujian kedua nilai Sig. 0,001 dimana nilai Sig. 0,001 < 0,05, menunjukkan H0 ditolak Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh dengan menggunakan model inquiry learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS materi mengubah bentuk energi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Inquiry Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 07:55
Last Modified: 21 Jul 2025 07:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60366

Actions (login required)

View Item
View Item