PERAMUDIYA, DEA AYU (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV SDS PLUS KASIH IBU KEC. PATUMBAK T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
1203311088_Cover.pdf
Download (56kB)
1203311088_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
1203311088_Abstrak.pdf
Download (142kB)
1203311088_Kata_Pengantar.pdf
Download (498kB)
1203311088_Daftar_Isi.pdf
Download (144kB)
1203311088_Daftar_Tabel.pdf
Download (112kB)
1203311088_Daftar_Gambar.pdf
Download (111kB)
1203311088_Daftar_Lampiran.pdf
Download (190kB)
1203311088_BAB_I.pdf
Download (448kB)
1203311088_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (845kB)
1203311088_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (760kB)
1203311088_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1203311088_BAB_V.pdf
Download (140kB)
1203311088_Daftar_Pustaka.pdf
Download (305kB)
1203311088_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS Materi Mengubah Bentuk Energi di kelas IV SD Swasta Plus Kasih Ibu Kec. Patumbak T.A 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasy Eksperimen. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV A dan IV B yang berjumlah 40 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pilihan berganda dan tenik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis data rata-rata nilai pretest pada kelas eksperimen sebelum menggunakan model inquiry learning adalah 46,25 dan pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran tatap muka adalah 51,00. Setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran inquiry learning pada kelas eksperimen nilai rata-rata hasil postest meningkat menjadi 76,25 sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata menjadi 63,00. Dari hasil uji persyaratan analisis data, data berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen serta hasil pengujian hipotesis diperoleh harga t hitung = -9,247 < t tabel = 1.729 df = n-1 (19 = 1.729) tetapi pada kriteria pengujian kedua nilai Sig. 0,001 dimana nilai Sig. 0,001 < 0,05, menunjukkan H0 ditolak Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh dengan menggunakan model inquiry learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS materi mengubah bentuk energi.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Hasil Belajar, Model Pembelajaran Inquiry Learning |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 21 Jul 2025 07:55 |
| Last Modified: | 13 Aug 2025 02:54 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60366 |
