MONICA, CINDY (2024) PENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SD NEGERI 023972 KECAMATAN BINJAI KOTA T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
1203311114_Cover.pdf
Download (72kB)
1203311114_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (135kB)
1203311114_Abstrak.pdf
Download (144kB)
1203311114_Kata_Pengantar.pdf
Download (323kB)
1203311114_Daftar_Isi.pdf
Download (314kB)
1203311114_Daftar_Tabel.pdf
Download (234kB)
1203311114_Daftar_Gambar.pdf
Download (233kB)
1203311114_Daftar_Lampiran.pdf
Download (234kB)
1203311114_BAB_I.pdf
Download (536kB)
1203311114_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1203311114_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (896kB)
1203311114_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1203311114_BAB_V.pdf
Download (377kB)
1203311114_Daftar_Pustaka.pdf
Download (288kB)
1203311114_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pemberian Rewards dan Punishment pada materi Bab 6 Topik B Indonesiaku Kaya Hayatinya di Kelas V SDN 023972 Kecamatan Binjai Kota, untuk mengetahui hasil belajar pada materi Bab 6 Topik B Indonesiaku Kaya Hayatinya di Kelas V SDN 023972 Kecamatan Binjai Kota, untuk mengetahui pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap hasil belajar siswa pada materi Bab 6 Topik B Indonesiaku Kaya Hayatinya di Kelas V SDN 023972 Kecamatan Binjai Kota. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan metode Quasi Experimental Design menggunakan desain Nonequivalent Control Group Desain. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan metode statistic Uji-t. sebelum melakukan uji hipotesis dengan uji-t, maka terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas untuk mengetahui data berdistribusi normal atau tidak serta uji homogenitas untuk menguji kesamaan varians dua kelompok data. Hasil uji normalitas menunjukkan data berdistribusi normal dilihat dari taraf signifikansi > 0,05 yaitu: pre-test pada kelas eksperimen 0,200 > 0,05 dan pada kelas kontrol 0,200 > 0,05 sedangkan data post-test pada kelas eksperimen 0,166 > 0,05 dan pada kelas kontrol 0,200 > 0,05. Hasil uji homogenitas dengan taraf signifikansi > 0,05 nilainya 0,692 atau lebih besar dari 0,05. Maka disimpulkan data penelitian ini adalah homogen. Selanjutnya, data dianalisis dengan uji hipotesis menggunakan uji-t atau paired sample t-test dengan taraf signifikansi (2-tailed) < 0,05, yaitu diperoleh 0,000 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “Terdapat pengaruh pemberian Reward dan Punishment terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS siswa kelas V SD Negeri 023972 Kecamatan Binjai Kota T.A 2023/2024”.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Hasil Belajar, Hukuman dan Penghargaan, Kelas Kontrol dan Kelas Eksperimen. |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 21 Jul 2025 07:57 |
| Last Modified: | 12 Aug 2025 08:40 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60357 |
