DAMANIK, CINDY HULZANNAH (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBENTUK FLIPBOOK PADA TEMA 6 SUBTEMA 2 KELAS V SD MUHAMMADIYAH KERASAAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1203111123_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111123_Cover.pdf
Download (231kB)
![[thumbnail of 1203111123_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111123_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (353kB)
![[thumbnail of 1203111123_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111123_Abstrak.pdf
Download (288kB)
![[thumbnail of 1203111123_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111123_Kata_Pengantar.pdf
Download (287kB)
![[thumbnail of 1203111123_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111123_Daftar_Isi.pdf
Download (291kB)
![[thumbnail of 1203111123_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111123_Daftar_Gambar.pdf
Download (256kB)
![[thumbnail of 1203111123_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111123_Daftar_Tabel.pdf
Download (255kB)
![[thumbnail of 1203111123_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111123_Daftar_Lampiran.pdf
Download (256kB)
![[thumbnail of 1203111123_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111123_BAB_I.pdf
Download (479kB)
![[thumbnail of 1203111123_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111123_BAB_V.pdf
Download (258kB)
![[thumbnail of 1203111123_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111123_Daftar_Pustaka.pdf
Download (266kB)
Abstract
Penelitian dan pengembangan ini dilatar belakangi oleh beberapa masalah yaitu
guru masih menggunakan pembelajaran yang konvensional dengan menggunakan
buku cetak sebagau sumber belajar utama, guru belum pernah menyusun bahan ajar
berbasis digital dan guru kurang optimal dalam memanfaatkan teknologi dalam
pembelajaran. Hal tersebut menyebabkan hasil belajar siswa rendah dikarenakan
siswa sulit memahami materi yang diajarkan. Penelitian dan pengembangan ini
bertujuan untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar berbentuk flipbook yang
telah diuji kelayakan, kepraktisan dan keefektifannya sehingga dapat digunakan
dalam proses pembelajaran. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model
ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation). Uji
kelayakan diperoleh dari hasil penilaian ahli materi dan ahli media. Hasil uji
kelayakan oleh ahli materi terhadap bahan ajar berbentuk flipbook diperoleh skor
dengan persentase 93,75% dengan kategori "Sangat Layak". Hasil uji kelayakan
oleh ahli media terhadap bahan ajar berbentuk flipbook diperoleh skor dengan
persentase 93,3% dengan kategori "Sangat Layak". Hasil penilaian kepraktisan oleh
praktisi pendidikan memperoleh skor dengan persentase 94,3% dengan kategori
"Sangat Praktis". Keefektifan bahan ajar berbentuk flipbook diperoleh dari hasil
perbandingan nilai pre-test dan post-test. Hasil perbandingan nilai pre-test dan posttest
menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa, hal ini terlihat dari
persentase ketuntasan siswa pada pre-test sebesar 22,2% sedangkan pada post-test
sebesar 88,9%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa bahan ajar berbentuk flipbook
“Sangat Efektif” digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Penelitian dan Pengembangan, Bahan Ajar, Flipbook |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 07:59 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 07:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60351 |