PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBENTUK FLIPBOOK PADA TEMA 6 SUBTEMA 2 KELAS V SD MUHAMMADIYAH KERASAAN

DAMANIK, CINDY HULZANNAH (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBENTUK FLIPBOOK PADA TEMA 6 SUBTEMA 2 KELAS V SD MUHAMMADIYAH KERASAAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111123_Cover.pdf] Text
1203111123_Cover.pdf

Download (231kB)
[thumbnail of 1203111123_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111123_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (353kB)
[thumbnail of 1203111123_Abstrak.pdf] Text
1203111123_Abstrak.pdf

Download (288kB)
[thumbnail of 1203111123_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111123_Kata_Pengantar.pdf

Download (287kB)
[thumbnail of 1203111123_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111123_Daftar_Isi.pdf

Download (291kB)
[thumbnail of 1203111123_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111123_Daftar_Gambar.pdf

Download (256kB)
[thumbnail of 1203111123_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111123_Daftar_Tabel.pdf

Download (255kB)
[thumbnail of 1203111123_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111123_Daftar_Lampiran.pdf

Download (256kB)
[thumbnail of 1203111123_BAB_I.pdf] Text
1203111123_BAB_I.pdf

Download (479kB)
[thumbnail of 1203111123_BAB_V.pdf] Text
1203111123_BAB_V.pdf

Download (258kB)
[thumbnail of 1203111123_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111123_Daftar_Pustaka.pdf

Download (266kB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini dilatar belakangi oleh beberapa masalah yaitu
guru masih menggunakan pembelajaran yang konvensional dengan menggunakan
buku cetak sebagau sumber belajar utama, guru belum pernah menyusun bahan ajar
berbasis digital dan guru kurang optimal dalam memanfaatkan teknologi dalam
pembelajaran. Hal tersebut menyebabkan hasil belajar siswa rendah dikarenakan
siswa sulit memahami materi yang diajarkan. Penelitian dan pengembangan ini
bertujuan untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar berbentuk flipbook yang
telah diuji kelayakan, kepraktisan dan keefektifannya sehingga dapat digunakan
dalam proses pembelajaran. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model
ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation). Uji
kelayakan diperoleh dari hasil penilaian ahli materi dan ahli media. Hasil uji
kelayakan oleh ahli materi terhadap bahan ajar berbentuk flipbook diperoleh skor
dengan persentase 93,75% dengan kategori "Sangat Layak". Hasil uji kelayakan
oleh ahli media terhadap bahan ajar berbentuk flipbook diperoleh skor dengan
persentase 93,3% dengan kategori "Sangat Layak". Hasil penilaian kepraktisan oleh
praktisi pendidikan memperoleh skor dengan persentase 94,3% dengan kategori
"Sangat Praktis". Keefektifan bahan ajar berbentuk flipbook diperoleh dari hasil
perbandingan nilai pre-test dan post-test. Hasil perbandingan nilai pre-test dan posttest
menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa, hal ini terlihat dari
persentase ketuntasan siswa pada pre-test sebesar 22,2% sedangkan pada post-test
sebesar 88,9%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa bahan ajar berbentuk flipbook
“Sangat Efektif” digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Penelitian dan Pengembangan, Bahan Ajar, Flipbook
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 07:59
Last Modified: 21 Jul 2025 07:59
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60351

Actions (login required)

View Item
View Item