PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKRIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 6 SUBTEMA 1 DIKELAS IV SD NEGERI 173271 SIBORONGBORONG T.A 2023/2024

PASARIBU, CHYNTIA LASMAULI (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKRIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 6 SUBTEMA 1 DIKELAS IV SD NEGERI 173271 SIBORONGBORONG T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111140_Cover.pdf] Text
1203111140_Cover.pdf

Download (241kB)
[thumbnail of 1203111140_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111140_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (478kB)
[thumbnail of 1203111140_Abstrak.pdf] Text
1203111140_Abstrak.pdf

Download (322kB)
[thumbnail of 1203111140_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111140_Kata_Pengantar.pdf

Download (345kB)
[thumbnail of 1203111140_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111140_Daftar_Isi.pdf

Download (279kB)
[thumbnail of 1203111140_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111140_Daftar_Gambar.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of 1203111140_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111140_Daftar_Tabel.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of 1203111140_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111140_Daftar_Lampiran.pdf

Download (259kB)
[thumbnail of 1203111140_BAB_I.pdf] Text
1203111140_BAB_I.pdf

Download (477kB)
[thumbnail of 1203111140_BAB_V.pdf] Text
1203111140_BAB_V.pdf

Download (283kB)
[thumbnail of 1203111140_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111140_Daftar_Pustaka.pdf

Download (313kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas IV yang rendah di SD Negeri 173271 Siborongborong pada T.A 2023/2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dengan penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Macromedia flash pada Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 2 Kelas IV SD Negeri 173271 Siborongborong T.A 2023/2024. Lokasi Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 173271 Siborongborong. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 173271 Siborongborong, yang terdiri dari 2 kelas yaitu: Kelas IVA (Kelas eksperimen) dan kelas IVB (Kelas kontrol). Kelas IV A dengan jumlah siswa sebanyak 20 siswa dan kelas IVB dengan jumlah 20 siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian Non Equivalent Multiple Group Design dan data kuantitaif. Alat pengumpul data yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes objektif dengan jumlah 25 soal yang telah diuji Validasi dan Reliabilitasnya. Dari analisis data dengan sampel 20 siswa pada kelas eksperimen dan 20 siswa pada kelas kontrol diperoleh rata-rata kelas eksperimen 50,2 pada Pre-Test 41 dan Post-Test 83 sedangkan pada kelas kontrol pada Pre-Test 48,4 dan Post-Test 72,5. Data dianalisis dengan uji hipotesis menggunakan uji “t” yang dilanjutkan dengan uji signifikan pada taraf signifikan ꭤ=0,05. Berdasarkan hasil tersebut terdapat perbedaan antara pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif (macromedia flash) dengan pembelajaran konvensional. Dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung>ttabel yaitu 4,83>1,684 dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa : “adanya pengaruh media pembelajaran berbasis macromedia flash terhadap hasil belajar siswa pada tema 6 subtema 1 kelas IV SD Negeri 173271 Siborongborong” teruji kebenarannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Hasil Belajar, Media Pembelajaran, Macromedia flash
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:00
Last Modified: 21 Jul 2025 08:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60348

Actions (login required)

View Item
View Item