DAMANIK, BOBBY PANGIHUTAN (2024) PENGARUH MEDIA INTERAKTIF ANIMASI TERHADAP MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 091318 PEMATANG RAYA T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
1193311132_Cover.pdf
Download (43kB)
1193311132_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (367kB)
1193311132_Abstrak.pdf
Download (209kB)
1193311132_Kata_Pengantar.pdf
Download (264kB)
1193311132_Daftar_Isi.pdf
Download (164kB)
1193311132_Daftar_Tabel.pdf
Download (206kB)
1193311132_Daftar_Gambar.pdf
Download (111kB)
1193311132_Daftar_Lampiran.pdf
Download (111kB)
1193311132_BAB_I.pdf
Download (343kB)
1193311132_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (544kB)
1193311132_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (588kB)
1193311132_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1193311132_BAB_V.pdf
Download (206kB)
1193311132_Daftar_Pustaka.pdf
Download (140kB)
1193311132_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui minat belajar dalam pembelajaran IPA
siswa kelas IV yang di asumsikan menggunakan media pembelajaran Interaktif
Animasi lebih baik daripada tanpa menggunakan media Interaktif Animasi di SD
Negeri 091318 Pematang Raya T.A 2023/2024. Penelitian ini menggunakan dua
kelompok yaitu kelas IVA berjumlah 23 orang sebagai kelompok kontrol dan
kelas IVB berjumlah 23 orang sebagai kelompok eksperimen. Variabel penelitian
ini terdiri dari variabel bebas yaitu media Interaktif Animasi sedangkan variabel
terikat yaitu Minat belajar IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif
dengan pendekatan eksperimen semu. Teknik pengumpulan data menggunakan
observasi, Kuesioner (angket) dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan
adalah Uji t, untuk menguji hipotesis yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat
analisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil analisis data dengan
menggunakan uji t, nilai t hitung tersebut dibandingkan dengan nilai t tabel. t tabel
dengan derajat bebas (db) =n1+n2 -2=23+23-2=44 dan nilai α=0,05 diperoleh t
hitung sebesar 3,072 dan t tabel sebesar 2,015. Dari analisis tersebut diperoleh bahwa
t hitung lebih besar dari t tabel maka dapat di tarik kesimpulan bahwa media interaktif
animasi berpengaruh terhadap minat belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas
IV SD Negeri 091318 Pematang Raya.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Media Interaktif Animasi, Minat Belajar |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 21 Jul 2025 08:02 |
| Last Modified: | 12 Aug 2025 04:21 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60314 |
