PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS LEARNING CYCLE 7E PADA PELAJARAN IPAS TOPIK WUJUD ZAT DAN PERUBAHANNYA DI KELAS IV SDN 102020 FIRDAUS

SAFITRI, AULIA (2024) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS LEARNING CYCLE 7E PADA PELAJARAN IPAS TOPIK WUJUD ZAT DAN PERUBAHANNYA DI KELAS IV SDN 102020 FIRDAUS. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111117_Cover.pdf] Text
1203111117_Cover.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of 1203111117_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111117_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (456kB)
[thumbnail of 1203111117_Abstrak.pdf] Text
1203111117_Abstrak.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of 1203111117_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111117_Kata_Pengantar.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of 1203111117_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111117_Daftar_Isi.pdf

Download (231kB)
[thumbnail of 1203111117_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111117_Daftar_Gambar.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of 1203111117_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111117_Daftar_Tabel.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of 1203111117_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111117_Daftar_Lampiran.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of 1203111117_BAB_I.pdf] Text
1203111117_BAB_I.pdf

Download (441kB)
[thumbnail of 1203111117_BAB_V.pdf] Text
1203111117_BAB_V.pdf

Download (221kB)
[thumbnail of 1203111117_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111117_Daftar_Pustaka.pdf

Download (377kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah guru belum mengembangkan perangkat pembelajaran secara menyeluruh, selain itu perangkat LKPD masih jarang digunakan dikarenakan kesulitan yang dialami guru dalam memperoleh bahan-bahan untuk praktik. Hal lainnya yaitu guru masih menerapkan model pembelajaran yang konvensional. Fenomena tersebut mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui validitas E-LKPD, mengetahui kepraktisan E-LKPD dan mengetahui efektivitas E-LKPD yang dikembangkan pada materi wujud zat dan perubahannya bagian ”memangnya wujud materi seperti apa?”. Adapun jenis penelitian merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasil validasi oleh ahli materi terhadap e-lkpd berbasis learning cycle 7e diperoleh skor dengan persentase sebesar 93,68% dengan kriteria “Sangat Layak”. Hasil validasi oleh ahli desain diperoleh skor dengan persentase 96% dengan kriteria “Sangat Layak”. Hasil penilaian oleh praktisi pendidikan diperoleh skor dengan persentase 97,5% dengan kriteria “Sangat Praktis”. Berdasarkan hasil dari evaluasi ditemukan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik, dimana rata-rata hasil belajar pada pre test yaitu 53,92 sedangkan rata-rata pada post test yaitu 88,39. Pembelajaran dengan menggunakan e-lkpd berbasis learning cycle 7e pada materi wujud zat dan perubahannya bagian ”memangnya wujud materi seperti apa?” efektif digunakan. Hal ini terbukti dari rata-rata skor N-Gain persen sebesar 81% dengan kategori “Efektif”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Penelitian dan Pengembangan, Pelajaran IPAS, Pengembangan E-LKPD, Learning Cycle 7e
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:02
Last Modified: 21 Jul 2025 08:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60294

Actions (login required)

View Item
View Item