SAFITRI, AULIA (2024) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS LEARNING CYCLE 7E PADA PELAJARAN IPAS TOPIK WUJUD ZAT DAN PERUBAHANNYA DI KELAS IV SDN 102020 FIRDAUS. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1203111117_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111117_Cover.pdf
Download (150kB)
![[thumbnail of 1203111117_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111117_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (456kB)
![[thumbnail of 1203111117_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111117_Abstrak.pdf
Download (265kB)
![[thumbnail of 1203111117_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111117_Kata_Pengantar.pdf
Download (233kB)
![[thumbnail of 1203111117_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111117_Daftar_Isi.pdf
Download (231kB)
![[thumbnail of 1203111117_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111117_Daftar_Gambar.pdf
Download (181kB)
![[thumbnail of 1203111117_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111117_Daftar_Tabel.pdf
Download (164kB)
![[thumbnail of 1203111117_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111117_Daftar_Lampiran.pdf
Download (133kB)
![[thumbnail of 1203111117_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111117_BAB_I.pdf
Download (441kB)
![[thumbnail of 1203111117_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111117_BAB_V.pdf
Download (221kB)
![[thumbnail of 1203111117_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111117_Daftar_Pustaka.pdf
Download (377kB)
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah guru belum mengembangkan perangkat pembelajaran secara menyeluruh, selain itu perangkat LKPD masih jarang digunakan dikarenakan kesulitan yang dialami guru dalam memperoleh bahan-bahan untuk praktik. Hal lainnya yaitu guru masih menerapkan model pembelajaran yang konvensional. Fenomena tersebut mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui validitas E-LKPD, mengetahui kepraktisan E-LKPD dan mengetahui efektivitas E-LKPD yang dikembangkan pada materi wujud zat dan perubahannya bagian ”memangnya wujud materi seperti apa?”. Adapun jenis penelitian merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasil validasi oleh ahli materi terhadap e-lkpd berbasis learning cycle 7e diperoleh skor dengan persentase sebesar 93,68% dengan kriteria “Sangat Layak”. Hasil validasi oleh ahli desain diperoleh skor dengan persentase 96% dengan kriteria “Sangat Layak”. Hasil penilaian oleh praktisi pendidikan diperoleh skor dengan persentase 97,5% dengan kriteria “Sangat Praktis”. Berdasarkan hasil dari evaluasi ditemukan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik, dimana rata-rata hasil belajar pada pre test yaitu 53,92 sedangkan rata-rata pada post test yaitu 88,39. Pembelajaran dengan menggunakan e-lkpd berbasis learning cycle 7e pada materi wujud zat dan perubahannya bagian ”memangnya wujud materi seperti apa?” efektif digunakan. Hal ini terbukti dari rata-rata skor N-Gain persen sebesar 81% dengan kategori “Efektif”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Penelitian dan Pengembangan, Pelajaran IPAS, Pengembangan E-LKPD, Learning Cycle 7e |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 08:02 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 08:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60294 |