Sitinjak, Roni A F (2016) PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR RENCANA ANGGARAN BIAYA PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI BATU BETON SMK NEGERI 1 BALIGE TAHUN AJARAN 2015 /2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 5103111034_1.Cover.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
NIM 5103111034_2.APPROVALSHEET.pdf - Published Version
Download (858kB) | Preview
NIM 5103111034_3.ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
NIM 5103111034_4.KATA PREFACE.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
NIM 5103111034_5.TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
NIM 5103111034_6. TABLE.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
NIM 5103111034_7. ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
NIM 5103111034_8. APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
NIM 5103111034_9. CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (575kB) | Preview
NIM 5103111034_13. CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
NIM 5103111034_14. BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran rencana anggaran biaya (RAB) siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Konstruksi Batu Beton SMK Negeri 1 Balige Tahun Ajaran 2015 /2016. Penelitian ini berangkat dari permasalahan yang ada disekolah, dimana minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran rencana anggaran biaya masih rendah.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas(PTK) yang terdiri dari dua siklus dimana dalam setiap siklus terdiri dari empat tahap. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Konstruksi Batu Beton SMK Negeri 1 Balige yang berjumlah 17 orang. Instrument pengumpulan data adalah instrument tes soal pilihan berganda, angket minat dan lembar observasi kegiatan guru dan siswa dalam kelompok.
Dari data yang diperoleh, minat awal siswa dari hasil angket pra siklus rata-rata skor minat siswa adalah 2,98 dengan skor tertinggi 4,0. Dari minat siswa pra siklus jumlah yang masuk kategori rendah 11,76%, yang masuk kategori sedang 41,18% dan 47,06% pada kategori tinggi. Diakhir tindakan diperoleh minat belajar dengan skor rata-rata 3,57, kategori minat yang tinggi 58,82% dan 41,18% yang memiliki minat sangat tinggi. Hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh ketuntasan klasikal 52,94% dengan rata-rata hasil belajar siswa 72,01. Dalam hal ini belum mencapai kriteria ketuntasan klasikal minimum yaitu 85% siswa memperoleh nilai minimal 75. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata 85,29 dan ketuntasan klasikal siswa 88,24%. Penerapan Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dapat Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Rencana Anggaran Biaya Pada Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Konstruksi Batu Beton SMK Negeri 1 Balige Tahun Ajaran 2015 /2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BAN 032 |
Keywords: | Minat belajar; Hasil belajar; Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT; Rencana Anggaran Biaya(RAB),PTK. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB501 Capital. Capitalism L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 27 Jun 2016 08:08 |
Last Modified: | 27 Jun 2016 08:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6028 |