PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBASIS PUZZLE MAKER TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV DI SD IT AL-FATIH BANDAR KHALIPAH T.A 2023/2024

SALSABILA, ASITA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBASIS PUZZLE MAKER TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV DI SD IT AL-FATIH BANDAR KHALIPAH T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111122_Cover.pdf] Text
1203111122_Cover.pdf

Download (51kB)
[thumbnail of 1203111122_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111122_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of 1203111122_Abstrak.pdf] Text
1203111122_Abstrak.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of 1203111122_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111122_Kata_Pengantar.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of 1203111122_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111122_Daftar_Isi.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of 1203111122_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111122_Daftar_Gambar.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of 1203111122_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111122_Daftar_Tabel.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of 1203111122_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111122_Daftar_Lampiran.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of 1203111122_BAB_I.pdf] Text
1203111122_BAB_I.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of 1203111122_BAB_V.pdf] Text
1203111122_BAB_V.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of 1203111122_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111122_Daftar_Pustaka.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving berbasis Puzzle Maker terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SD IT Al-Fatih. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan jenis Pre-Experimental Design dengan desain One Group Preteset-Posttest Design. Dengan populasinya adalah seluruh siswa kelas IV SD IT Al-Fatih Tahun Ajaran 2023/2024 yang berjumlah 46 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas IV Abdullah Bin Mas‟ud dengan jumlah 24 siswa. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Pada teknik tes berupa soal pilihan berganda yang terlebih dahulu sudah di uji dan dianalisis dengan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data berupa uji hasil belajar dan uji hipotesis dengan uji Wilcoxon. Hasil penelitian dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving berbasis Puzzle Maker terhadap hasil belajar IPAS Siswa Kelas IV di SD IT Al-Fatih, dilihat dari hasil analisis dan pembahasan dari data penelitian diperoleh hasil uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon dengan Asymp. Sig (2-tailed) bernilai 0,00. Karena nilai 0,00 lebih kecil dari < 0,05, maka hipotosis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima yang berarti bahwa ada pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berbasis Puzzle Maker terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV di SD IT Al-Fatih Bandar Khalipah T.A 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran Creative Problem Solving, Puzzle Maker, dan Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:03
Last Modified: 21 Jul 2025 08:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60278

Actions (login required)

View Item
View Item