PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPAS DI SD NEGERI 0609107

PURBA, ARTA WIDA ANASTASIA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPAS DI SD NEGERI 0609107. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203311121_Cover.pdf] Text
1203311121_Cover.pdf

Download (44kB)
[thumbnail of 1203311121_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203311121_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (533kB)
[thumbnail of 1203311121_Abstrak.pdf] Text
1203311121_Abstrak.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 1203311121_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203311121_Kata_Pengantar.pdf

Download (203kB)
[thumbnail of 1203311121_Daftar_Isi.pdf] Text
1203311121_Daftar_Isi.pdf

Download (713kB)
[thumbnail of 1203311121_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203311121_Daftar_Gambar.pdf

Download (301kB)
[thumbnail of 1203311121_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203311121_Daftar_Tabel.pdf

Download (310kB)
[thumbnail of 1203311121_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203311121_Daftar_Lampiran.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of 1203311121_BAB_I.pdf] Text
1203311121_BAB_I.pdf

Download (481kB)
[thumbnail of 1203311121_BAB_V.pdf] Text
1203311121_BAB_V.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 1203311121_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203311121_Daftar_Pustaka.pdf

Download (265kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya variatif guru dalam menerapkan
model pembelajaran sehingga menyebabkan hasil belajar siswa yang rendah dan
juga siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan
Pre-Eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest. Populasi
yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas 5B yang berjumlah
30 siswa. Instrument dalam penelitian ini yakni observasi (aktivitas siswa),
wawancara serta test (pretest dan posttest) pilihan berganda 30 butir soal dan telah
melaksanakan uji validasi soal sehingga menjadi 20 butir soal yang layak
digunakan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji paired t-test. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai sebelum pemberian model
pembelajaran kontekstual atau pretest 33,5 dan nilai setelah pemberian perlakuan
model pembelajaran kontekstual atau posttest 85,0. Hasil uji-t menunjukkan sig
0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan
bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kontekstual terhadap hasil
belajar siswa pada Bab 2 Harmoni dalam Ekosistem, Topik C Ekosistem yang
Harmonis di Kelas VB SDN 060910 Medan T.A 2024/2025.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran Kontekstual, Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:03
Last Modified: 21 Jul 2025 08:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60277

Actions (login required)

View Item
View Item