PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PADA MATERI MATA PENCAHARIAN PENDUDUK DI KELAS IV SD NEGERI 106810 SAMPALI

LIMBONG, ARIANA DAMAYANTI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PADA MATERI MATA PENCAHARIAN PENDUDUK DI KELAS IV SD NEGERI 106810 SAMPALI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203311094_Cover.pdf] Text
1203311094_Cover.pdf

Download (453kB)
[thumbnail of 1203311094_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203311094_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1203311094_Abstrak.pdf] Text
1203311094_Abstrak.pdf

Download (931kB)
[thumbnail of 1203311094_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203311094_Kata_Pengantar.pdf

Download (654kB)
[thumbnail of 1203311094_Daftar_Isi.pdf] Text
1203311094_Daftar_Isi.pdf

Download (378kB)
[thumbnail of 1203311094_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203311094_Daftar_Gambar.pdf

Download (323kB)
[thumbnail of 1203311094_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203311094_Daftar_Tabel.pdf

Download (324kB)
[thumbnail of 1203311094_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203311094_Daftar_Lampiran.pdf

Download (325kB)
[thumbnail of 1203311094_BAB_I.pdf] Text
1203311094_BAB_I.pdf

Download (569kB)
[thumbnail of 1203311094_BAB_V.pdf] Text
1203311094_BAB_V.pdf

Download (491kB)
[thumbnail of 1203311094_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203311094_Daftar_Pustaka.pdf

Download (483kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran quantum learning terhadap hasil belajar IPAS pada materi mata pencaharian penduduk di Kelas IV SD Negeri 106810 Sampali. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre-Eksperimental dengan design penelitian adalah One Group Pretest-Posttest. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, soal tes dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan pada uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata dari nilai pre-test adalah Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata dari nilai pre-test adalah 61,875 dan rata-rata pada data post-test adalah 72,625. Pada uji hipotesis didapatkan 6,254>1,684 dan sesuai kriteria uji t yaitu �ℎ�����>������. Dapat disimpulkan bahwa hal tersebut membuktikan pelaksanaan model pembelajaran Quantum Learning berpengaruh terhadap hasil belajar IPAS pada materi mata pencaharian penduduk di kelas IV SD Negeri 106810 Sampali.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran Quantum Learning, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:04
Last Modified: 21 Jul 2025 08:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60272

Actions (login required)

View Item
View Item