PENGARUH METODE EKSPERIMEN PADA MATA PELAJARAN IPAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR KELAS IV UPTD SDN 060877 MEDAN T.A 2023/2024

SIKUMBANG, ANUGRAH PUTRI AYU (2024) PENGARUH METODE EKSPERIMEN PADA MATA PELAJARAN IPAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR KELAS IV UPTD SDN 060877 MEDAN T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1201111055_Cover.pdf] Text
1201111055_Cover.pdf

Download (251kB)
[thumbnail of 1201111055_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1201111055_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (588kB)
[thumbnail of 1201111055_Abstrak.pdf] Text
1201111055_Abstrak.pdf

Download (271kB)
[thumbnail of 1201111055_Kata_Pengantar.pdf] Text
1201111055_Kata_Pengantar.pdf

Download (433kB)
[thumbnail of 1201111055_Daftar_Isi.pdf] Text
1201111055_Daftar_Isi.pdf

Download (270kB)
[thumbnail of 1201111055_Daftar_Gambar.pdf] Text
1201111055_Daftar_Gambar.pdf

Download (241kB)
[thumbnail of 1201111055_Daftar_Tabel.pdf] Text
1201111055_Daftar_Tabel.pdf

Download (242kB)
[thumbnail of 1201111055_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1201111055_Daftar_Lampiran.pdf

Download (241kB)
[thumbnail of 1201111055_BAB_I.pdf] Text
1201111055_BAB_I.pdf

Download (676kB)
[thumbnail of 1201111055_BAB_V.pdf] Text
1201111055_BAB_V.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 1201111055_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1201111055_Daftar_Pustaka.pdf

Download (115kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang masih menggunakan metode ceramah sehingga peserta didik menjadi bosan saat proses pembelajaran dan rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan dan Sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode eksperimen pada mata pelajaran IPAS materi wujud zat dan perubahannya terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar kelas IV SDN 060877 Medan T.A 2023/2024.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SDN 060877 Medan T.A 2023/2024 yang berjumlah 48 siswa. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelompok yaitu kelas IV-A SDN 060877 Medan yang berjumlah 24 orang dan kelas IV-B SDN 060877 Medan yang berjumlah 24 orang.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berupa pilihan ganda sebanyak 20 butir soal pada materi wujud zat dan perubahannya kelas IV Sekolah Dasar. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan dilanjutkan dengan uji hipoteisis yaitu uji t. Rata-rata nilai tes hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 060877 Medan adalah 68,75 dan nilai dari setiap siswa meningkat dari soal pre-test ke soal post-test di kelas IV-A SD Negeri 060877 Medan. Uji Independent Sample Test memperoleh hasil bahwa Ha diterima dan H0 ditolak karena nilai signifikansi (2-tailed) lebih kecil dari 0,05 yakni 0,014 < 0,05 sehingga terdapat pengaruh metode eksperimen pada mata pelajaran IPAS materi wujud zat dan perubahannya terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar kelas IV SD Negeri 060877 Medan T.A 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Metode Eksperimen, Hasil Belajar IPAS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:05
Last Modified: 21 Jul 2025 08:05
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60261

Actions (login required)

View Item
View Item