PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SDS WALADUN SHALIH

RAFIDAH, ANNISA (2024) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SDS WALADUN SHALIH. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1201111056_Cover.pdf] Text
1201111056_Cover.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of 1201111056_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1201111056_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (344kB)
[thumbnail of 1201111056_Abstrak.pdf] Text
1201111056_Abstrak.pdf

Download (269kB)
[thumbnail of 1201111056_Kata_Pengantar.pdf] Text
1201111056_Kata_Pengantar.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 1201111056_Daftar_Isi.pdf] Text
1201111056_Daftar_Isi.pdf

Download (251kB)
[thumbnail of 1201111056_Daftar_Gambar.pdf] Text
1201111056_Daftar_Gambar.pdf

Download (216kB)
[thumbnail of 1201111056_Daftar_Tabel.pdf] Text
1201111056_Daftar_Tabel.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 1201111056_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1201111056_Daftar_Lampiran.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of 1201111056_BAB_I.pdf] Text
1201111056_BAB_I.pdf

Download (376kB)
[thumbnail of 1201111056_BAB_V.pdf] Text
1201111056_BAB_V.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of 1201111056_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1201111056_Daftar_Pustaka.pdf

Download (260kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model
discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran
IPAS. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah sebanyak 50
orang. Bentuk desain quasi eksperimen yang digunakan adalah nonequivalent
control group design untuk melihat perbedaan pretest maupun posttest antara
kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes,
dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model
discovery learning berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir
kritis siswa SDS Waladun Shalih. Rata-rata posttest kemampuan berpikir kritis
siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 83,20 > 74,80.
Berdasarkan temuan hasil penelitian tersebut, disarankan bagi guru untuk bersedia
memakai model discovery learning ini dalam kegiatan belajar guna meningkatkan
mutu pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, Model Discovery Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:05
Last Modified: 21 Jul 2025 08:05
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60260

Actions (login required)

View Item
View Item