RAFIDAH, ANNISA (2024) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SDS WALADUN SHALIH. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1201111056_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111056_Cover.pdf
Download (144kB)
![[thumbnail of 1201111056_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111056_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (344kB)
![[thumbnail of 1201111056_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111056_Abstrak.pdf
Download (269kB)
![[thumbnail of 1201111056_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111056_Kata_Pengantar.pdf
Download (211kB)
![[thumbnail of 1201111056_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111056_Daftar_Isi.pdf
Download (251kB)
![[thumbnail of 1201111056_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111056_Daftar_Gambar.pdf
Download (216kB)
![[thumbnail of 1201111056_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111056_Daftar_Tabel.pdf
Download (139kB)
![[thumbnail of 1201111056_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111056_Daftar_Lampiran.pdf
Download (144kB)
![[thumbnail of 1201111056_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111056_BAB_I.pdf
Download (376kB)
![[thumbnail of 1201111056_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111056_BAB_V.pdf
Download (220kB)
![[thumbnail of 1201111056_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111056_Daftar_Pustaka.pdf
Download (260kB)
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model
discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran
IPAS. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah sebanyak 50
orang. Bentuk desain quasi eksperimen yang digunakan adalah nonequivalent
control group design untuk melihat perbedaan pretest maupun posttest antara
kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes,
dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model
discovery learning berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir
kritis siswa SDS Waladun Shalih. Rata-rata posttest kemampuan berpikir kritis
siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 83,20 > 74,80.
Berdasarkan temuan hasil penelitian tersebut, disarankan bagi guru untuk bersedia
memakai model discovery learning ini dalam kegiatan belajar guna meningkatkan
mutu pendidikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemampuan Berpikir Kritis, Model Discovery Learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 08:05 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 08:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60260 |