PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIG BOOK UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR SISWA PADA TEMA 1 SUBTEMA 1 KELAS V SDN 091324 MEREK RAYA KABUPATEN SIMALUNGUN

SINAGA, ANNISA IRFYANTI (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIG BOOK UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR SISWA PADA TEMA 1 SUBTEMA 1 KELAS V SDN 091324 MEREK RAYA KABUPATEN SIMALUNGUN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111154_Cover.pdf] Text
1203111154_Cover.pdf

Download (44kB)
[thumbnail of 1203111154_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111154_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (394kB)
[thumbnail of 1203111154_Abstrak.pdf] Text
1203111154_Abstrak.pdf

Download (407kB)
[thumbnail of 1203111154_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111154_Kata_Pengantar.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of 1203111154_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111154_Daftar_Isi.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of 1203111154_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111154_Daftar_Gambar.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1203111154_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111154_Daftar_Tabel.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of 1203111154_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111154_Daftar_Lampiran.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 1203111154_BAB_I.pdf] Text
1203111154_BAB_I.pdf

Download (336kB)
[thumbnail of 1203111154_BAB_V.pdf] Text
1203111154_BAB_V.pdf

Download (234kB)
[thumbnail of 1203111154_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111154_Daftar_Pustaka.pdf

Download (241kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran Big Book yang
valid, praktis, dan efektif dalam melatih keterampilan berpikir siswa di kelas V
SDN 091324 Merek Raya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan
yang menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan,
yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek
dalam penelitian ini adalah guru kelas V dan siswa kelas V SD Negeri 091324
Merek Raya. Objek penelitian pada penelitian ini ialah validasi, praktikalitas, dan
efektifitas media pembelajaran Big Book dalam melatih keterampilan berpikir
siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, tes,
observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data
yaitu instrumen wawancara guru, angket validasi desain media dan materi media,
angket praktisi pendidikan, angket respon siswa, dan soal tes. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa hasil validasi oleh validator ahli desain media memperoleh
rata-rata nilai 4,7 dengan hasil persentase 89% kategori “Sangat Layak” dan hasil
validasi oleh validator ahli materi media memperoleh rata-rata nilai 4,3 dengan
hasil persentase 86% kategori “Sangat Layak”. Uji praktikalitas oleh respon guru
memperoleh hasil persentase 87% kategori “Sangat Praktis” dan hasil respon
peserta didik memperoleh hasil nilai rata-rata 4,59 kategori “Sangat Praktis”. Uji
keefektifan media dapat diketahui bahwa setelah menggunakan yang
dikembangkan, keterampilan berpikir siswa meningkat dari keterampilan berpikir
siswa sebelum menggunakan media yaitu 61% kategori “Cukup Efektif”
meningkat menjadi 86% kategori “Sangat Efektif” dan nilai rata-rata siswa
meningkat dari awal rata-rata sebelum menggunakan media yaitu 61,15 kriteria
ketuntasan “Tidak Tuntas” meningkat menjadi 86.54 dengan kriteria ketuntasan
“Tuntas”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Big Book, keterampilan berpikir siswa, Tema 1 Subtema 1, Sekolah Dasar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:05
Last Modified: 21 Jul 2025 08:05
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60251

Actions (login required)

View Item
View Item