PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA PEMBELAJARAN IPAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 106811 BANDAR SETIA T.A 2023/2024

HUTAGALUNG, ANJANI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA PEMBELAJARAN IPAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 106811 BANDAR SETIA T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111071_Cover.pdf] Text
1203111071_Cover.pdf

Download (203kB)
[thumbnail of 1203111071_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111071_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 1203111071_Abstrak.pdf] Text
1203111071_Abstrak.pdf

Download (317kB)
[thumbnail of 1203111071_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111071_Kata_Pengantar.pdf

Download (608kB)
[thumbnail of 1203111071_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111071_Daftar_Isi.pdf

Download (256kB)
[thumbnail of 1203111071_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111071_Daftar_Gambar.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of 1203111071_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111071_Daftar_Tabel.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of 1203111071_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111071_Daftar_Lampiran.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of 1203111071_BAB_I.pdf] Text
1203111071_BAB_I.pdf

Download (541kB)
[thumbnail of 1203111071_BAB_V.pdf] Text
1203111071_BAB_V.pdf

Download (278kB)
[thumbnail of 1203111071_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111071_Daftar_Pustaka.pdf

Download (318kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran NHT menggunakan media audiovisual. Penelitian ini menggunakan desain Quasi Experimental tipe Non-equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri 106811 Bandar Setia yang berjumlah 48 orang. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas IVA sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas IVB sebagai kelompok kontrol. Teknik pengunpulan data dengan observasi, wawancara tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan hipotesis. Semua penghitungan tersebut diolah dengan menggunakan program SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan hasil hipotesis dengan independent sample t-test yaitu diketahui nilai sig. 2-tailed 0,003. Maka dari dasar pengambilan keputusan disimpulkan bahwa nilai sig-2 tailed 0,003 < 0,05, hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima artinya ada pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) menggunakan media audiovisual memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran NHT, Media Audiovisual, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:06
Last Modified: 21 Jul 2025 08:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60248

Actions (login required)

View Item
View Item