PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPAS MATERI ENERGI KELAS IV SDN 105280 DESA LAMA

RAMADANI, ALYA (2024) PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPAS MATERI ENERGI KELAS IV SDN 105280 DESA LAMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111109_Cover.pdf] Text
1203111109_Cover.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of 1203111109_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111109_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (484kB)
[thumbnail of 1203111109_Abstrak.pdf] Text
1203111109_Abstrak.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of 1203111109_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111109_Kata_Pengantar.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of 1203111109_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111109_Daftar_Isi.pdf

Download (82kB)
[thumbnail of 1203111109_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111109_Daftar_Gambar.pdf

Download (53kB)
[thumbnail of 1203111109_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111109_Daftar_Tabel.pdf

Download (54kB)
[thumbnail of 1203111109_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111109_Daftar_Lampiran.pdf

Download (71kB)
[thumbnail of 1203111109_BAB_I.pdf] Text
1203111109_BAB_I.pdf

Download (325kB)
[thumbnail of 1203111109_BAB_V.pdf] Text
1203111109_BAB_V.pdf

Download (107kB)
[thumbnail of 1203111109_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111109_Daftar_Pustaka.pdf

Download (161kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan
mengajar guru terhadap aktivitas belajar siswa dan untuk mengetahui besarnya
pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap aktivitas belajar siswa di SDN
105280 Desa Lama. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif
deskriptif. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas SD di SDN 105280 Desa
Lama yang berjumlah 43 orang. Sampel pada penelitian ini menggunakan seluruh
populasi dengan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian
ini menggunakan kuesioner dan lembar observasi. Data dianalisis menggunakan
regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan
mengajar mempengaruhi secara signifikan aktivitas belajar siswa kelas IV di SDN
105280 Desa Lama. Hal ini dibuktikan dengan analisi data yang memperoleh nilai
thitung (4,133) > ttabel (1,682). Hasil uji korelasi diperoleh 0,542. Dimana nilai
signifikansi 0,542 termasuk kedalam kategori sedang, untuk hasil uji regresi linear
sederhana memperoleh Ŷ = 29.769 + 0,400X. Karena nilai koefisiennya positif (+)
maka keterampilan mengajar guru memiliki pengaruh yang positif terhadap
aktivitas belajar siswa. Sedangkan hasil uji R square diperoleh diperoleh nilai
29,4%, dimana memiliki arti bahwa aktivitas belajar siswa dipengaruhi sebesar
29,4% oleh keterampilan mengajar guru, dan 70,6% di pengaruhi oleh variabel lain
yang tidak diteliti.Disimpulkan bahwa pada penelitian ini terdapat pengaruh antara
keterampilan mengajar guru terhadap aktivitas belajar siswa kelas IV di SDN
105280 Desa Lama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:07
Last Modified: 21 Jul 2025 08:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60235

Actions (login required)

View Item
View Item