SYAFITRI, ALFINA (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK PADA PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS IV SD NEGERI 105273 HELVETIA T.A. 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1201111017_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111017_Cover.pdf
Download (226kB)
![[thumbnail of 1201111017_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111017_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (416kB)
![[thumbnail of 1201111017_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111017_Abstrak.pdf
Download (205kB)
![[thumbnail of 1201111017_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111017_Kata_Pengantar.pdf
Download (349kB)
![[thumbnail of 1201111017_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111017_Daftar_Isi.pdf
Download (245kB)
![[thumbnail of 1201111017_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111017_Daftar_Gambar.pdf
Download (174kB)
![[thumbnail of 1201111017_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111017_Daftar_Tabel.pdf
Download (177kB)
![[thumbnail of 1201111017_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111017_Daftar_Lampiran.pdf
Download (175kB)
![[thumbnail of 1201111017_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111017_BAB_I.pdf
Download (495kB)
![[thumbnail of 1201111017_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111017_BAB_V.pdf
Download (313kB)
![[thumbnail of 1201111017_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111017_Daftar_Pustaka.pdf
Download (319kB)
Abstract
Penelitian pengembangan ini dilakukan berdasarkan permasalahan yang ditemukan dilapangan mengenai kurangnya pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran dan kurangnya ketersediaan media pembelajaran sehingga peserta didik menjadi bosan dan kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran di sekolah.Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui kelayakan media komik pada pembelajaran IPAS di kelas IV SD Negeri 105273 Helvetia; (2) untuk mengetahui praktikalitas media komik pada pembelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 105273 Helvetia; dan (3) untuk mengetahui efektivitas media komik pada pembelajaran IPAS di kelas IV SD Negeri 105273 Helvetia .Penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembanga (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis,Design, Development, Implementation, evaluation). Subjek penelitian ini adalah 19 orang siswa kelas IV SD Negeri 105273 Helvetia.Penelitian ini menghasilkan produk media komik .Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji validasi ahli materi mendapatkan skor 96 dengan persentase 96%, uji validasi media mendapatkan skor 122 dengan persentase 97,6% dan rata-rata validasi media dan validasi materi adalah 96,9% berada pada kategori sangat layak.Kepraktisan media pembelajaran yang divalidasi oleh praktisi Pendidikan (guru kelas) mendapatkan skor 96 dengan persentase 96% berada pada kategori sangat praktis.Sedangkan untuk efektivitas dapat dilihat dari hasil belajar peserta didik sebelum dilakukan uji coba produk mengunakan pre-test dengan rata-rata 54,38 dan setelah dilakukan uji coba produk menggunakan post-test dengan rata-rata 86,41 mengalami peningkatan sebesar 32,23.Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan diatas,maka dapat disimpulkan bahwa media komik pada pembelajaran IPAS di kelas IV SD Negeri 105273 Helvetia sangat layak,sangat praktis dan efektif digunakan untuk pembelajaran kelas IV SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Penelitian dan Pengembangan ,Model Pengembangan ADDIE, Komik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 08:08 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 08:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60226 |